Text
SKRIPSI STUDI EKSPERIMENTAL PENGGUNAAN CAPACITOR DISCHARGE IGNITION (CDI) REXTOR TERHADAP PERFORMA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 150 CC
ABSTRAK
Perkembangan teknologi pada saat ini yang semakin pesat, mendorong manusia untuk selalu menciptakan inovasi. Perkembangan teknologi juga terjadi pada bidang otomotif, khususnya pada sistem pengapian pada sepeda motor. Sistem pengapian merupakan salah satu dari sekian banyak komponen sepeda motor yang paling sering mengalami perkembangan. Banyak cara meningkatkan performa sepeda motor salah satunya dengan mengubah sistem pengapian capacitor discharge ignition (CDI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen, dengan cara menguji secara langsung pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan capacitor discharge ignition (CDI) rextor terhadap daya, torsi, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. Objek penelitian ini adalah sepeda motor Viar Cross X 150 cc tahun 2015 dan menggunakan putaran mesin 3000-7000 rpm. Dari hasil penelitian ini diperoleh daya sebesar 10,1 hp pada putaran 7000 rpm, hasil torsi maksimal diperoleh sebesar 10,80 N.m pada putaran mesin 5000 rpm, sedangkan konsumsi bahan bakar minimal yang dihasilkan sebesar 0,228 kg/jam pada putaran mesin 3000 rpm, dan emisi gas buang yang dihasilkan sebesar 6,58% CO dan 652 ppm.
Kata kunci : capacitor discharge ignition (CDI) standar, capacitor discharge ignition (CDI) rextor, daya, torsi, konsumsi bahan bakar, emisi gas buang.
66-UN57.U1-STM-X-2022 | MESIN FAJ S 2022 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain