PERPUSTAKAAN UNTIDAR: Repositori Dosen

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of ARTIKEL MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PENGEMBANGAN MATERI KULIAH BELAJAR PEMBELAJARAN

Electronic Resource

ARTIKEL MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PENGEMBANGAN MATERI KULIAH BELAJAR PEMBELAJARAN

SRI HARYATI - Nama Orang;

ABSTRAK: TELAH BANYAK INOVASI PEMBELAJARAN DILAKUKAN DI PERGURUAN TINGGI, NAMUN MASIH BANYAK DITEMUI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG HANYA MENEKANKAN RANAH KOGNITIF, KURANG MEMPERHATIKAN ASPEK AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK. ASPEK KOGNITIFPUN HANYA PADA TATARAN HAFALAN (KNOWLEDGE), PENGERTIAN (COMPREHENSION), DAN PENERAPAN (APPLICATION), KURANG MEMFASILITASI PEMBELAJARAN YANG MENSTIMULASI BERFIKIR TINGKAT TINGGI (HIGH ORDER THINKING), YAITU ANALISIS (ANALYSIS), SINTESIS (SYNTHESIS), DAN EVALUASI (EVALUATION), APALAGI KREASI (CREATION). MODEL PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKANPUN BELUM BANYAK MEMFASILITASI MAHASISWA UNTUK BELAJAR SECARA AKTIF (ACTIVE LEARNING). SEBAGAI AKIBATNYA PEMBELAJARAN LEBIH BANYAK DIDOMINASI PENDIDIK SEHINGGA KEGIATAN MAHASISWA (TIME ON TASK) KURANG OPTIMAL. TUJUAN PENELITIAN INI ADALAH UNTUK MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATA KULIAH “BELAJAR PEMBELAJARAN” BERBASIS ACTIVE LEARNING MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF. PRODUK YANG DIHASILKAN ADALAH (1) SILABUS DAN RPP MATA KULIAH, (2) BUKU AJAR BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF”, DAN (3) ARTIKEL YANG TERKAIT DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF. HASIL VALIDASI PAKAR PEMBELAJARAN, BUKU AJAR DINYATAKAN LAYAK, UNTUK SELANJUTNYA DIGUNAKAN DALAM PEMBELAJARAN. HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN MAHASISWA YANG MENDAPATKAN NILAI B+ SAMPAI DENGAN A SEBANYAK 28 MAHASISWA ATAU 71,79%, SEDANGKAN SEMUA MAHASISWA MENYATAKAN TERTARIK MENGGUNAKAN BUKU AJAR. MENGINGAT MODEL PEMBELAJARAN AKTIF KOOPERATIF TERBUKTI SANGAT DIBUTUHKAN OLEH MAHASISWA DAN DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJARNYA, MAKA PENELITI BERHARAP PARA DOSEN MENGGUNAKANNYA.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PENGEMBANGAN MATERI KULIAH BELAJAR PEMBELAJARAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR: Repositori Dosen
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik