Text
PENELITIAN HUBUNGAN ANTARA KETERSEDIAAN LAYANAN REFERENSI DENGAN KEPUASAN PEMUSTAKA DI UPT PERPUSTAKAAN UNTIDAR
Penelitian ini membahas hubungan antara ketersediaan layanan referensi dengan kepuasan pengguna di UPT Perpustakaan Universitas Tidar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Survei ini berkaitan langsung dengan proses pengumpulan data. Populasi penelitian ini adalah jumlah anggota UPT Perpustakaan Universitas Tidar hingga September 2022 sejumlah 6.886 anggota. Sampel penelitian menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 99 anggota perpustakaan. Jenis penelitain ini adalah penelitian asosiatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, yaitu dengan cara menyebarkan kusioner kepada sejumlah responden yang dijadikan sampel penelitian. Untuk mengetahui hubungan layanan referensi di perpustakaan dengan tingkat kepuasan pemustaka digunakan teknik Korelasi Product Moment dari Pearson. Sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t pada tingkat kepercayaan 90% (α = 0.10). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara layanan referensi dengan kepuasan pemustaka pada UPT Perpustakaan Universitas Tidar, dengan nilai korelasi sebesar 0,604.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain