Electronic Resource
ARTIKEL MODEL PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PTK BERBASIS PEMBELAJARAN AKTIF BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH DI KOTA MAGELANG
ABSTRAK.
BERDASARKAN HASIL UJI KOMPETENSI GURU PADA TAHUN 2013, KOMPETENSI GURU DI INDONESIA RATA-RATA HANYALAH 40,55. SEMENTARA TARGET MINIMAL KELULUSANNYA ADALAH 70. PEMERINTAH, DALAM HAL INI KEMENDIKBUD, TELAH MELAKSANAKAN PENGEMBANGAN KEPROFESIONALAN GURU BERKELANJUTAN (PKB) NAMUN HASILNYA JUGA BELUM MEMUASKAN. MELALUI PKB PARA GURU DIHARAPKAN MAMPU MELAKSANAKAN PUBLIKASI ILMIAH ATAS HASIL PENELITIAN, NAMUN HANYA 37% GURU YANG MEMAHAMI PTK, OLEH KARENANYA MASIH SANGAT SEDIKIT YANG MAMPU MELAKSANAKANNYA. SALAH SATU PENYEBABNYA ADALAH MODEL PELATIHAN YANG HANYA MENEKANKAN PEMAHAMAN (BERUPA SOSIALISASI) DAN PENGGUNAAN TEKNIK PELATIHAN YANG MONOTON (SATU ARAH) SERTA DILAKSANAKAN TANPA PENDAMPINGAN.
PENELITIAN INI BERTUJUAN MENEMUKAN MODEL PKB BAGI GURU SMP/SMA/SMK SE-KOTA MAGELANG MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BERBASIS PEMBELAJARAN AKTIF. PARA PESERTA YANG BERJUMLAH 40 ORANG DILATIH DAN DIDAMPINGI MELAKSANAKAN DAN MELAPORKAN PTK UNTUK MENINGKATKAN MUTU PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN.
HASIL PENELITIAN INI SELANJUTNYA DIJADIKAN DASAR UNTUK MENGEMBANGKAN MODEL KEPROFESIAN BERKELANJUTAN MELALUI PELATIHAN DAN PEMBIMBINGAN TERPADU PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BERBASIS PEMBELAJARAN AKTIF. PRODUK YANG DIHASILKAN ADALAH (1) 22 LAPORAN INDIVIDUAL HASIL PTK DARI 25 PESERTA PELATIHAN, (2) 15 ARTIKEL YANG DI SEMINARKAN, DAN (3) 10 ARTIKEL YANG DIPUBLIKASIKAN DI MAJALAH TRANSFOMATIKA FKIP UNTIDAR DAN MAJALAH INOVASI LPPM-PMP UNTIDAR. MENGINGAT MODEL INI SANGAT EFEKTIF, PENELITI AKAN MELAKSANAKAN PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN BAGI GURU-GURU YANG LAIN, DAN BERHARAP PARA PELATIH MENGGUNAKAN MODEL INI.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain