Text
SKRIPSI REFORMASI BIROKRASI KECAMATAN MELALUI PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2019
ABSTRAK
Penelitian dengan judul Reformasi Birokrasi Kecamatan Melalui Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang Tahun 2019 bertujuan untuk mengetahui pelayanan administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Mertoyudan. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Deskriptif (Descriptive Research). Dalam penelitian ini, menganalisis implementasi reformasi birokrasi Kecamatan melalui PATEN di Kecamatan Mertoyudan serta mengetahui penilaian masyarakat terhadap pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Fokus kajian adalah reformasi birokrasi Kecamatan melalui Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) melalui aspek transparansi dan akuntabilitas. Informan terdiri 4 informan yaitu Camat, Sekretaris Kecamatan, Kasubag Administrasi Umum, Kasubag Program dan Masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa standar pelayanan di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang terkait pelayanan adminisitrasi terpadu telah menerapkan beberapa tahapan dan proses dalam implementasi kebijakan dan pelayanan dalam implementasi kebijakan dan pelayanan melalui proses sosialisasi, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi serta pelaporan. Pelaksanaan pelayanan terkait dengan standard pelayanan di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang telah sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan, yaitu melaksanakan PATEN sesuai dengan standar pelayanan dengan waktu penyelesaian yang ditetapkan sejak pengajuan permohonan sampai dengan penyelesaian. Pemberian pelayananan petugas pelaksana di kantor Kecamatan Mertoyudan sudah dinilai efektif dalam pelaksanaannya. Sejauh ini tidak ada keluhan mengenai petugas pelaksana dalam menjalankan tugasnya yaitu dengan memberikan informasi sejelas-jelasnya kepada masyarakat mengenai persyaratan-persyaratan yang diperlukan. Komitmen dan kejujuran yang dimiliki oleh para petugas pelayanan Kecamatan Mertoyudan Magelang merupakan tolak ukur bahwa pelayanan kepada masyarakat telah dijalankan dengan baik oleh para petugas pelaksana dengan berpatokan pada SOP. Strategi penyampaian PATEN di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang dilakukan dengan pendekatan secara langsung oleh petugas kepada masyarakat sehingga adanya kedekatan antara pemerintah dengan masyarakat serta penyampaian informasi disampaikan melalui brosur, pamlet yang dipasang di tempat umum Kecamatan Mertoyudan. Dampak yang dirasakan masyarakat terkait PATEN di Kecamatan Mertoyudan bahwa masyarakat merasa puas dengan pelayanan publik yang diterima.
Kata kunci : Birokrasi, Pelayananan Administrasi Terpadu (PATEN)
2-UN57.U1-SSP-II-2021 | FISIPOL RIK R 2021 | Ruang Skripsi (FISIPOL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain