Text
SKRIPSI KENDALI TORSI MOTOR BRUSHLESS DIRECT CURRENT (BLDC) MENGGUNAKAN METODE DIRECT TORQUE CONTROL (DTC)
INTISARI
Industri automasi menuntut sistem kendali yang optimal dan mempunyai efisiensi tinggi. Motor Brushless Direct Current (BLDC) menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan industri. Karakteristik motor BLDC yang memiliki torsi awal tinggi membutuhkan kendali torsi untuk meredam riak torsi yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan mengendalikan torsi ketika terjadi perubahan kecepatan dan mengendalikan kecepatan ketika terjadi perubahan torsi. Pada penelitian ini torsi motor BLDC dikendalikan dengan metode Direct Torque Control (DTC). Metode DTC dikombinasikan dengan Space Vector Modulation (SVM) dalam melakukan pensaklaran pada inverter. Kontrol kecepatan dan torsi yang diinginkan sebagai referensi dikendalikan dengan PID Ziegler-Nichols. Penelitian ini mengujicobakan perubahan respon torsi dan kecepatan. Respon torsi motor BLDC tetap ketika terjadi perubahan nilai kecepatan. Ketika terjadi perubahan torsi terjadi perubahan nilai kecepatan dan menaikkan overshoot. Perubahan kecepatan juga menyebabkan gelombang berosilasi sebelum dilakukan pengendalian parameter PID. Pada pengendalian kecepatan referensi 100 Rpm menunjukan bahwa respon awal mengalami osilasi pada awal dengan nilai overshoot sebesar 40,41%. Respon nilai aktual yang dicapai 140% dari nilai referensi. Hasilnya setelah melakukan perhitungan parameter PID, respon sinyal menunjukkan hasil yang lebih optimal. Bentuk gelombang lebih stabil dan tidak mengalami overshoot. Nilai kecepatan sesuai dengan kecepatan referensi ketika nilai Kp= 0,687, Ki= 0,022 dan Kd= 0,0055.
Kata kunci—Motor BLDC, Direct Torque Control, Space Vector Modulation, PID
1-UN57.U1-STE-II-2021 | ELEKTRO RAK K 2021 | Ruang Skripsi (TEKNIK ELEKTRO) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain