PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI KENDALI TORSI MOTOR BRUSHLESS DIRECT CURRENT (BLDC) MENGGUNAKAN METODE DIRECT TORQUE CONTROL (DTC)

RIZQA AGUNG RAKHMAWAN - Nama Orang;

INTISARI
Industri automasi menuntut sistem kendali yang optimal dan mempunyai efisiensi tinggi. Motor Brushless Direct Current (BLDC) menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan industri. Karakteristik motor BLDC yang memiliki torsi awal tinggi membutuhkan kendali torsi untuk meredam riak torsi yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan mengendalikan torsi ketika terjadi perubahan kecepatan dan mengendalikan kecepatan ketika terjadi perubahan torsi. Pada penelitian ini torsi motor BLDC dikendalikan dengan metode Direct Torque Control (DTC). Metode DTC dikombinasikan dengan Space Vector Modulation (SVM) dalam melakukan pensaklaran pada inverter. Kontrol kecepatan dan torsi yang diinginkan sebagai referensi dikendalikan dengan PID Ziegler-Nichols. Penelitian ini mengujicobakan perubahan respon torsi dan kecepatan. Respon torsi motor BLDC tetap ketika terjadi perubahan nilai kecepatan. Ketika terjadi perubahan torsi terjadi perubahan nilai kecepatan dan menaikkan overshoot. Perubahan kecepatan juga menyebabkan gelombang berosilasi sebelum dilakukan pengendalian parameter PID. Pada pengendalian kecepatan referensi 100 Rpm menunjukan bahwa respon awal mengalami osilasi pada awal dengan nilai overshoot sebesar 40,41%. Respon nilai aktual yang dicapai 140% dari nilai referensi. Hasilnya setelah melakukan perhitungan parameter PID, respon sinyal menunjukkan hasil yang lebih optimal. Bentuk gelombang lebih stabil dan tidak mengalami overshoot. Nilai kecepatan sesuai dengan kecepatan referensi ketika nilai Kp= 0,687, Ki= 0,022 dan Kd= 0,0055.
Kata kunci—Motor BLDC, Direct Torque Control, Space Vector Modulation, PID


Ketersediaan
1-UN57.U1-STE-II-2021ELEKTRO RAK K 2021Ruang Skripsi (TEKNIK ELEKTRO)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
ELEKTRO RAK K 2021
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2021
Deskripsi Fisik
XV;57HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
621.38
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_TEKNIK_ELEKTRO
FAKULTAS_FT
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik