Text
SKRIPSI EFISIENSI KONSUMSI BAHAN BAKAR MOTOR BAKAR BENSIN MENGGUNAKAN ECU BRT JUKEN 5 PRO DENGAN VARIASI AFR
ABSTRAK
Perkembangan teknologi pada sepeda motor kini sudah sampai pada sistem Fuel Injection, berbagai teknologi dikembangkan untuk meningkatkan performa mesin dan tingkat efisiensi konsumsi bahan bakarnya, salah satunya adalah mengganti ECU standar dengan ECU racing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan performa mesin (power dan torsi) dan konsumsi bahan bakar menggunakan ECU Standar dan ECU BRT Juken 5 Pro dengan variasi AFR menggunakan bahan bakar Pertamax pada sepeda motor Honda CBR 150R. Variasi AFR yang digunakan yaitu 15,3:1; 16,8:1; dan 18,4. Pengujian dilakukan pada putaran mesin 3000 rpm, 5000 rpm dan 7000 rpm. Pengujian dilakukan dengan metode throttle per rpm dan throttle bukaan penuh. Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan power, torsi dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan pada sepeda motor Honda CBR 150R dengan ECU Standar dan ECU BRT Juken 5 Pro. Power maksimal dan torsi maksimal yang dihasilkan ECU BRT Juken 5 yaitu sebesar 18,6 hp dan 11,19 ft.lbs. Sedangkan power dan torsi maksimal yang dihasilkan ECU Standar yaitu sebesar sebesar 18 hp dan 11,04 ft.lbs. untuk konsumsi bahan bakar yang dihasilkan ECU Standar pada 5000 rpm yaitu 0,0727 kg/kW.h, sedangkan ECU BRT Juken 5 Pro yaitu 0,157 kg/kW.h dan pada 7000 rpm nilai konsumsi bahan bakar ECU Standar dan ECU BRT Juken 5 Pro nilainya yaitu 0,056 kg/kW.h.
Kata kunci: power, torsi, konsumsi, ECU, AFR
3-UN57.U1-STM-I-2021 | MESIN WID E 2021 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain