PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS VISKOSITAS OLI SEBAGAI MEDIA QUENCHING TERHADAP SIFAT MEKANIK BAJA S45C

ENGGAR NUR KURNIAWAN - Nama Orang;

ABSTRAK
Baja S45C termasuk dalam kelompok baja karbon medium yang banyak diaplikasi dalam bidang otomotif seperti pembuatan komponen roda gigi, poros dan bantalan pada berbagai kendaraan bermotor. Dilihat dari penggunaanya tentunya baja membutuhkan sifat mekanik yang memadai sehingga komponen mesin mampu untuk berjalan sebagaimana fungsinya. Oleh karena itu diperlukannya suatu perlakuan yang dapat meningkatkan sifat mekanik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh variasi viskositas oli pada proses quenching terhadap nilai kekerasan, ketangguhan, keausan dan struktur mikro baja S45C. Metode penelitian adalah dengan preparasi spesimen sesuai standar ASTM lalu dilakukan pemanasan pada temperatur 850°C selama 20 menit kemudian dilakukan quenching dengan media oli SAE 5, SAE 10 dan SAE 15. Hasil pengujian menunjukkan oli SAE 5 memiliki hasil tingkat kekerasan paling tinggi yaitu sebesar 564.43 VHN dengan struktur mikro terbentuk martensit dengan sedikit ferit, kemudian diikuti oli SAE 10 sebesar 427.70 VHN dan oli SAE 15 sebesar 366.58 VHN. Hasil uji ketangguhan menunjukkan perlakuan quenching menurunkan nilai ketangguhan. Nilai ketangguhan terendah pada oli SAE 5 sebesar 0.1124 J/mm², diikuti SAE 10 sebesar 0.1063 J/mm² dan oli SAE 15 sebesar 0.1027 J/mm². Hasil uji keausan menunjukkan perlakuan quenching menurunkan nilai keausan spesifik. Nilai keausan spesifik terendah pada SAE 5 sebesar 0.00006 mm³/kg.m, diikuti SAE 10 sebesar 0.00010 mm³/kg.m dan SAE 15 sebesar 0.00013 mm³/kg.m. Kesimpulan hasil adalah laju pendinginan tertinggi ada pada oli SAE 5 yang mengakibatkan nilai kekerasannya paling tinggi, nilai ketangguhan dan keausan spesifik paling rendah dan struktur mikro yang terbentuk dominan martensit dengan sedikit ferit.
Kata Kunci: baja S45C, kekerasan, ketangguhan, keausan, struktur mikro, quenching, viskositas.


Ketersediaan
2-UN57.U1-STM-I-2021MESIN KUR E 2021Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MESIN KUR E 2021
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2021
Deskripsi Fisik
XIV;67HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
621.8
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_TEKNIK_MESIN
FAKULTAS_FT
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik