Text
SKRIPSI STUDI MODA TRANSPORTASI ONLINE GO-JEK DAN GRAB DENGAN METODE TOPSIS DI KOTA MAGELANG
INTISARI
Persaingan di perusahaan jasa yang semakin ketat menuntut pelaku usaha untuk memberikan kualitas pelayanan yang terbaik agar dapat memenuhi keinginan pelanggan. Pengguna jasa akan merasa puas dengan perusahaan jasa trasportasi online yang telah diberikan sehingga konsumen tidak akan berpaling ke pesaing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan, peforma, harga dan kemananan konsumen menurut persepsi pengguna Go-Jek dan Grab di Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif. Informasi mengenai penelitian didapatkan dari teknik-teknik pengumpulan data kuesioner moda transportasi online Go-Jek dan Grab. Populasi dalam penelitian ini adalah orang yang pernah menggunakan Go-Jek dan Grab, sedangkan sampel kuesioner penelitian adalah 100 responden yang terdiri dari 50 pengguna yang sudah pernah menggunakan jasa transportasi Go-Jek dan Grab dan 50 pengguna yang sudah pernah menggunakan jasa transportasi Grab dan Go-Jek. Penelitian ini menggunakan metode TOPSIS yang diaplikasikan dengan software excel. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil perhitungan penelitian yang sudah dihitung dengan rumus TOPSIS yang diaplikasikan menggunakan software excel untuk mengetahui tingkat kepuasan moda transportasi online. Pada hasil penelitian Grab mendapatkan hasil preferensi 0.552248142 dan transportasi online Gojek mendapatkan hasil nilai preferensi 0.447751858. Grab memiliki tingkat kepuasan tinggi di pengaruhi oleh kriteria pelayanan dan keamanan. Sedangkan untuk kriteria peforma, grab dan gojek memiliki tingkat kepuasan yang sama.
Kata kunci : Moda Online, Kepuasan, Topsis.
10-UN57.U1-STS-III-2021 | SIPIL GIS S 2021 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain