Text
SKRIPSI STUDI PENILAIAN PERKERASAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX), BINA MARGA DAN BENKELMAN BEAM (Studi Kasus: Ruas Jalan Salatiga-Kedungjati Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang Jawa Tengah)
INTISARI
JalanRuas Jalan Salatiga-Kedungjati merupakan jalan kolektor primer yang terletak di Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang. Jalan ini adalah salah satu jalan yang sering mengalami kerusakan di Kabupaten Semarang. Jika dibiarkan tanpa penanganan akan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah dan akan menimbulkan berkurangnya kenyamanan dan keamanan berkendara. Kerusakan yang terjadi pada ruas jalan tersebut adalah kerusakan retak, amblas, lubang dan kerusakan tepi perkerasan. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah menganalisis nilai kerusakan jalan menggunakan Metode PCI (Pavement Condition Index) dan Metode Bina Marga, serta menghitung nilai tebal lapis tambah menggunakan Metode Lendutan Balik dengan alat Benkelman Beam. Data yang digunakan untuk menganalisis tingkat kerusakan yaitu data luas kerusakan berdasarkan jenis kerusakan, volume lalu lintas dan data lendutan jalan menggunakan alat Benkelman Beam. Data-data tersebut digunakan untuk menganalisis tingkat kerusakan pada ruas jalan 2 km yang dibagi 20 titik pengujian untuk menghasilkan jenis penanganan yang sesuai diterapkan pada jalan tersebut. Hasil penelitian dan analisis data, diperoleh nilai PCI sebesar 36,9 dengan kategori jelek (poor) jenis penanganan disarankan adalah penanganan berkala, analisis Metode Bina Marga, nilai UP (Urutan Prioritas) yang berdasarkan nilai LHR sebesar 5517 smp/hari dan total angka kerusakan sebesar 28, diperoleh nilai UP = 2, yang berarti jalan tersebut harus dimasukkan dalam program peningkatan jalan. Hasil analisis tebal lapis tambah (overlay) menggunakan Metode Lendutan Balik menggunakan alat Benkelman Beam, diperoleh nilai lendutan rata-rata sebesar 1,98 dengan kebutuhan tebal lapis tambah sebesar 15,89 cm, ketebalan overlay tersebut memenuhi syarat menurut Pedoman Desain Perkerasan Jalan tahun 2017 yaitu tidak lebih dari 21 cm.
Kata Kunci : Nilai Kerusakan, Overlay, PCI, Bina Marga, Lendutan Balik
2-UN57.U1-STS-I-2021 | SIPIL AZI S 2021 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain