Text
SKRIPSI STUDI PERBANDINGAN BENEFIT COST RATIO PERKERASAN LENTUR DENGAN PERKERASAN KAKU (JALAN MAGELANG-PURWOREJO KM 08+000 s/d KM 10+000)
INTISARI
Jalan Magelang-Purworejo merupakan salah satu jalan provinsi atau jalan kolektor sebagai jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Magelang dan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Berdasarkan lalu lintasnya jalur ini cukup ramai dilalui kendaraan ringan maupun kendaraan berat, sehingga dimunginkan terjadi beban berlebih pada kondisi eksisting tahun 2020 maka dapat berpengaruh terhadap kondisi jalan menjadi rusak sebelum habis masa pelayanannya. Oleh karena itu perlu adanya penelitian mengenai perencanaan desain tebal perkerasan yang dibutuhkan. Agar dapat mengetahui desain tebal perkerasan yang sesuai, perencanaan yang digunakan harus dengan metode yang lebih efisien baik dari segi konstruksi maupun ekonomi. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan merencanakan tebal lapis Perkerasan Lentur dan Perkerasan Kaku menggunakan metode Bina Marga 2017. Data yang dibutuhkan untuk merencanakan tebal perkerasan tersebut yaitu data lalu lintas harian tahun 2020 untuk mengetahui prediksi beban lalu lintas selama umur rencana dan nilai CBR tanah digunakan untuk mengetahui daya dukung tanah pada struktur perkerasanya. Sedangkan untuk mengetahui kelayakan ekonomi ruas jalan tersebut digunakan metode Analisa Manfaat-Biaya (Benefit Cost Ratio). Penelitian menghasilkan tebal perkerasan lentur meliputi AC-WC 40 mm, AC-BC 60 mm, AC-BASE 210 mm, dan lapis pondasi agregat kelas A 300 mm. Sedangkan perkerasan kaku menghasilkan tebal sebesar 220 mm lapis beton semen dengan 100 mm lapis pondasi beton kurus. Total biaya konstruksi dan baiaya siklus hidup yang dibutuhkan untuk membangun perkerasan lentur sebesar Rp 15.144.575.561,00 dan sebesar Rp 12.761.067.613,00 untuk perkerasan kakunya. Manfaat yang diperoleh dari segi penghematan biaya operasi kendaraan biaya tidak tetap adalah sebesar Rp19.125.330.656,00 untuk perkerasan lentur sedangkan perkerasan kaku sebesar Rp 21.508.838.604,00 Berdasarkan hasil tersebut diperoleh nilai B/C perkerasan lentur sebesar 1,26 dan perkerasan kaku sebesar 1,44 dengan umur rencana 40 tahun, sehingga lebih menguntungkan digunakan perkerasan kaku untuk perencanaan yang akan mendatang.
Kata Kunci: Analisa manfaat biaya, perkerasan lentur, perkerasan kaku.
18-UN57.U1-STS-III-2021 | SIPIL KHA S 2021 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain