Text
SKRIPSI ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS DENGAN MENENTUKAN TITIK RAWAN DAN FAKTOR PENYEBABNYA (Studi Kasus : Jalan Magelang - Purworejo Km. 24+700 – Km. 41+000)
Intisari
Seiring meningkatnya pertumbuhan kendaraan pemahaman kondisi medan jalan perlu diperhatikan. Kondisi jalan khususnya sepanjang Ruas Jalan Magelang – Purworejo yang berkelok dan menurun menyebabkan frekuensi kecelakaan lalu lintas menjadi meningkat. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui daerah rawan kecelakaan serta titik paling rawan kecelakaan lalu lintas dan faktor terjadinya kecelakaan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Accident Frequency, EPDO (Equivalent Property Damage Only), severity index (SI) dan analisis deskriptif. Data primer berupa survei kelengkapan prasarana dan situasi jalan serta kecepatan rata-rata kendaraan. Data sekunder berupa data kecelakaan dari Satlantas Polres Purworejo dari tahun 2015 sampai dengan 2019. Dari hasil analisis data pada Ruas Jalan Magelang - Purworejo menunjukkan accident frequency tertinggi pada Sta 8+000 – Sta 9+000 dengan total nilai 5,4 dengan jumlah 27 kasus kecelakaan. Analisis menggunakan EPDO didapat skor tertinggi sebesar 223 pada Sta 14+000 – Sta 15+000. Pada tahun 2015 jumlah frekuensi kecelakaan terbesar (24%). Nilai SI tertinggi pada tahun 2016 sebesar 0,384. Lokasi rawan kecelakaan tertinggi pada Pertigaan Maron, Kecamatan Loano dengan total 10 kasus kejadian kecelakaan yaitu 4 kasus kecelakaan pada tahun 2015, 3 kasus kecelakaan pada tahun 2017, dan 3 kasus kecelakaan pada tahun 2018. Jenis tabrakan terbanyak Tabrak Depan-Belakang (20%). Faktor manusia menjadi penyumbang terbanyak kasus kecelakaan, tidak tertib lalu lintas menyebabkan banyaknya angka kecelakaan pada titik tersebut.
Kata Kunci: Kecelakaan Lalu Lintas, Daerah Rawan Kecelakaan, Titik Rawan Kecelakaan
13-UN57.U1-STS-III-2021 | SIPIL HAR A 2021 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain