Text
SKRIPSI STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI KUAT ARUS DAN TEGANGAN ELEKTROPLATING Ni-Cr TERHADAP KETEBALAN DAN LAJU KOROSI BAJA AISI 1010
ABSTRAK
Baja AISI 1010 umum digunakan sebagai bahan dasar knalpot pada kendaraan yang berfungsi sebagai menyalurkan gas buang yang dihasilkan dari sisa pembakaran, komponen ini sangat rentan mengalami korosi karena panas gas buang dan berkontak langsung dengan lingkungan. Salah satu pencegahan yang dapat dilakukan agar knalpot tidak mudah terkorosi adalah dengan elektroplating. Elektroplating adalah proses pengendapan ion – ion logam pelindung (anoda) yang dikehendaki di atas logam lain (katoda) secara elektrolisa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kuat arus dan tegangan terhadap ketebalan dan laju korosi knalpot sepeda motor. Pada penelitian ini, variasi kuat arus yang digunakan pada proses elektroplating yaitu 13 ampere, 14 ampere, 15 ampere dan tegangan 4 volt, 5 volt. Nilai ketebalan tertinggi yaitu pada variasi kuat arus 15 ampere dan tegangan 5 volt sebesar 17,2 μm, dan ketebalan terendah yaitu pada variasi kuat arus 13 ampere dan tegangan 4 volt sebesar 15,2 μm. Nilai laju korosi tertinggi terjadi pada spesimen yang tidak dielektroplating sebesar 0,098 mpy, sedangkan laju korosi terendah terjadi pada variasi arus 15 ampere dan tegangan 5 volt sebesar 0,00112 mpy.
Kata kunci: AISI 1010, elektroplating, ketebalan lapisan, laju korosi.
22-UN57.U1-STM-V-2021 | MESIN FAR S 2021 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain