Text
SKRIPSI EVALUASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI SEKOLAH PADA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI KABUPATEN BOYOLALI
ABSTRAK
EVALUASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI SEKOLAH PADA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI KABUPATEN BOYOLALI
SARAH MULAWATI NPM: 1710201111 Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik , Universitas Tidar
Kebijakan Sistem Zonasi Sekolah pada Penerimann Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Boyolali merupakan kebijakan yang dimaksudkan untuk mendekatkan anak-anak di wilayah daerah Kabupaten Boyolali dengan sekolahnya. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan dan menganalisis keberhasilan kebijakan sistem zonasi sekolah pada penerimaan peserta didik baru di Kabupaten Boyolali melalui pendekatan evaluasi kebijakan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori keberhasilan kebijakan milik William N. Dunn (2000: 610) yang terdiri dari enam indikator, yaitu efektifitas, efisiensi, kecukupan, pemerataan, responsivitas, dan ketepatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa hasil evaluasi berdasarkan indikator efektifitas, tujuan kebijakan sistem zonasi sekolah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 17 Tahun 2017, yaitu peningkatan akses layanan pendidikan masih belum tercapai. Pada evaluasi berdasarkan indikator efisiensi, kesiapan dana/anggaran serta sumber daya manusia dan sarana prasarana baik di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan maupun di Sekolah Menegah Pertama (SMP) Negeri di Boyolali sudah baik. Pada evaluasi beradasarkan indikator kecukupan, masalah terkait pemerataan dan sekolah favorit dan non favorit masih belum terselesaikan. Pada evaluasi berdasarkan indikator pemerataan, distribusi kebijakan dan manfaat kebijakan serta dana/anggaran sudah dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta sekolah-sekolah dengan baik. Pada evaluasi berdasarkan indikator responsivitas, masih terdapat ketidakpuasan dari beberapa sekolah atas kebijakan zonasi sekolah yang disebabkan kesulitan dalam mendapat peserta didik. Pada evaluasi berdasarkan indikator ketepatan, kebijakan yang dilaksanakan telah sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Kata kunci : Evaluasi kebijakan, Zonasi Sekolah
13-UN57.U1-SSP-V-2021 | FISIPOL MUL E 2021 | Ruang Skripsi (FISIPOL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain