Text
SKRIPSI KEBERHASILAN E-GOVERNMENT BERBASIS APLIKASI DUKCAPIL OPTIMA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PURBALINGGA
ABSTRAK
KEBERHASILAN E-GOVERNMENT BERBASIS APLIKASI DUKCAPIL OPTIMA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PURBALINGGA
Ririn Rofikoh Istinganah (1710201003) Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar
Saat ini e-government banyak diterapkan di instansi pemerintahan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purbalingga merupakan salah satu instansi yang telah menerapkan e-government berbasis Aplikasi Dukcapil Optima. Permasalahannya masih rendahnya SDM dalam pengoperasian dan diperlukan pembiasaan masyarakat untuk menggunakan layanan Aplikasi Dukcapil Optima. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah menganalisis Keberhasilan e-government berbasis Aplikasi Dukcapil Optima di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purbalingga menggunakan hasil kajian dan riset Harvard School Of Government yakni support, capacity, value dan menurut teori dari Moon yaitu willingness dan local culture. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan dari segi support sudah dilaksanakan dengan baik dengan adanya dukungan regulasi, dan sosialisasi. Dari segi capacity, operator pelayanan belum sesuai dengan latar belakang pendidikan dan keahliannya, ketiadaan SDM dalam bidang IT, kekurangan sumberdaya keuangan untuk pengadaaan infrastruktur, pemeliharaan dan perbaikan jaringan, infrastruktur penunjang pelayanan sudah ada meskipun ada beberapa yang rusak. Dari segi value manfaat sudah dirasakan bagi sebagaian besar informan. Dari segi willingness menunjukan tidak semua informan memiliki kemauan kuat untuk menggunakan aplikasi tersebut, namun sebagian besar sudah memiliki kemauan kuat untuk menggunakan aplikasi tersebut. Dari segi local culture menunjukan tidak semua masyarakat Purbalingga yang menjadi informan melek teknologi untuk menggunakan aplikasi tersebut, namun sebagian besar sudah mampu untuk menggunakan aplikasi tersebut, pihak Dinpendukcapil Kabupaten Purbalingga sudah berupaya untuk merubah mindset masyarakat Purbalingga agar mampu menggunkaan aplikasi tersebut.
Kata Kunci :E-Government, Keberhasilan, Pelayanan Publik
12-UN57.U1-SSP-V-2021 | FISIPOL IST K 2021 | Ruang Skripsi (FISIPOL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain