Text
SKRIPSI ANALYSIS OF SPEAKING DISFLUENCY FOUND IN VIDEOS OF BUILD SERIES YOUTUBE CHANNEL AND ITS IMPLICATION IN TEACHING SPEAKING FOR EFL LEARNERS
ABSTRAK
Dheasari, Hafilda. (2020). Analisis Ketidaklancaran Berbicara Ditemukan di Video Saluran YouTube BUILD SERIES dan Implikasinya dalam Pengajaran Berbicara untuk Pembelajar EFL. Skripsi. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan Universitas Tidar. Konsultan I Prof. Dr. Sukarno, M.Si., Konsultan II Atsani Wulansari, M.Hum.
Kata kunci: Ketidaklancaran berbicara, pembelajar EFL, Pengajaran berbicara
Berbicara bahasa Inggris sangat penting, namun tidak mudah terutama bagi pelajar EFL. Bahasa Inggris lisan masih sulit dikuasai oleh pembelajar yang mempelajari bahasa asing karena memerlukan usaha dan waktu untuk memahami dan menggunakan bahasa tersebut. Terkadang, interupsi terjadi dalam berbicara. Oleh karena itu, ketidaklancaran berbicara, yang digunakan untuk fungsi-fungsi khusus, terkadang muncul dalam berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan ketidaklancaran berbicara. Selain itu, penelitian ini untuk mengetahui jenis disfluency apa yang digunakan oleh pembelajar EFL ketika mereka berbicara dan untuk mengetahui fungsi disfluency yang digunakan oleh pembelajar EFL. Selain itu, penelitian ini juga memiliki tujuan, yaitu untuk mengetahui penerapan YouTube sebagai media dalam pengajaran berbicara untuk pembelajar EFL. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Kuesioner dokumentasi, dan siklus data digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data. Subjek diambil dari video Channel YouTube Seri BUILD. Penulis menganalisis ucapan pembelajar EFL tentang ketidaklancaran berbicara selama interaksi dengan penutur asli sebagai sumber data. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada 691 ucapan ketidaklancaran berbicara dari pembelajar EFL selama interaksi dengan penutur asli di video Saluran YouTube Seri BUILD. Pembelajar EFL menggunakan dua jenis ketidaklancaran berbicara selama interaksi dengan penutur asli di video Saluran YouTube Seri BUILD. Jenisnya adalah filler dan repair. Ketidaklancaran berbicara yang paling banyak digunakan oleh pembelajar EFL adalah pengisi yang terjadi 650 kali. Pelajar EFL menggunakan sekitar 94,0% pengisi selama interaksi dengan penutur asli di video Saluran YouTube Seri BUILD. Ketidaklancaran berbicara yang digunakan dalam video Saluran YouTube Seri BUILD memiliki fungsi. Fungsi pertama adalah untuk mengisi jeda saat berpikir atau untuk menarik perhatian pendengar. Fungsi kedua adalah mengoreksi, mengubah, atau membatalkan pernyataan sebelumnya. Penulis memberikan saran kepada guru EFL untuk mengintegrasikan jenis dan fungsi ketidaklancaran berbicara dalam konteks belajar-mengajar, terutama di kelas berbicara, untuk memungkinkan pembelajar melatih berbicara mereka. Sementara untuk peneliti lain, penulis menyarankan untuk menganalisis video dari saluran yang berbeda untuk membandingkan jenis ketidaklancaran berbicara yang digunakan dalam video lain dari pelajar EFL. Selanjutnya, penulis menyarankan untuk memilih penutur asli sebagai subjek penelitian.
27-UN57.U1-SING-VI-2021 | INGGRIS DHE A 2021 | Ruang Skripsi (BAHASA INGGRIS) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain