Text
SKRIPSI REALIZATION OF POLITENESS MAXIM USED IN VIDEOS OF TONIGHT SHOW STARRING JIMMY FALLON AND ITS IMPLICATION IN TEACHING SPEAKING
ABSTRAK
Ardita, Yusiana. (2021). Realisasi Maksim Kesantunan yang Digunakan dalam Video Pertunjukan Malam Ini Dibintangi Jimmy Fallon dan Implikasinya dalam Pengajaran Berbicara. Kertas. Inggris. Departemen. Pendidikan dan Keguruan, Universitas Tidar. Konsultan I Dr. Farikah, S.Pd., M.Pd., Konsultan II Candradewi Wahyu A., M.Pd.
Kata Kunci: Jimmy Fallon, Maxim, Sopan santun, Berbicara, Talk Show, Pengajaran, Tonight Show.
Bahasa yang santun merupakan aspek penting yang harus diperhatikan dalam berkomunikasi. Penutur diharapkan mampu menyampaikan makna bahasa dengan baik dan sopan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahpahaman antara pembicara dan lawan bicara, untuk menciptakan suasana yang nyaman selama komunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi. Instrumen penelitian ini adalah video Tonight Show yang Dibintangi Jimmy Fallon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji maksim kesantunan berbahasa dan implikasi pedagogis yang terkandung dalam talk show “Tonight Show Starring Jimmy Fallon” di bagian bawah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada enam jenis maksim dari 62 data. Ada maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim kecocokan, dan maksim simpati. Maksim yang umum digunakan adalah maksim pujian 20 ujaran (32%), sedangkan maksim kebijaksanaan adalah maksim resesif 3 (5%); Dalam talk show persetujuan yang digunakan oleh pembawa acara untuk memuji tamu karena telah menghibur tamu, tamu dapat memberikan informasi kepada pembawa acara. Selain itu, implikasi pedagogis maksim kesantunan dalam pengajaran berbicara dibagi menjadi implikasi teoretis dan praktis. Secara teoritis, penelitian ini juga dapat digunakan sebagai langkah awal untuk meneliti lebih jauh tentang kesantunan berbahasa dalam sebuah talk show. Secara praktis, penelitian ini dapat digunakan dan disalahgunakan bagi guru untuk mengajar berbicara, khususnya di SMA, materi meminta dan memberi pendapat juga materi memberi nasihat. Dalam sarannya, penulis juga menyarankan agar para guru juga lebih memahami tentang maksim kesantunan. Guru dapat menggunakan penelitian untuk mengajar pidato yang menuntut siswa untuk berbicara dengan baik dan menghindari kesalahpahaman. Tanpa kesantunan, siswa tidak memiliki sikap yang baik di sekolah.
28-UN57.U1-SING-VI-2021 | INGGRIS ARD R 2021 | Ruang Skripsi (BAHASA INGGRIS) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain