Text
SKRIPSI PENGARUH WAKTU PENCELUPAN ELEKTROPLATING NIKEL-KROM TERHADAP LAJU KOROSI DAN STRUKTUR MIKRO PADA KOMPONEN KENDARAAN BERMOTOR
ABSTRAK
Pada kendaraan bermotor, bagian komponen logam yang rawan terkena dampak dari adanya korosi adalah knalpot. Korosi pada knalpot tidak bisa dihindari, namun ada cara lain untuk menghambat laju korosi yaitu dengan pelapisan logam. Penelitian sebelumnya pernah dilakukan pelapisan nikel-krom dengan memvariasi tegangan dan arus, mendapatkan laju korosi sebesar 118,904 mmpy. Hasil tersebut unacceptable jika dilihat pada tabel kualitas ketahanan korosi suatu material. Penulis beranggapan bahwa masih perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai pelapisan nikel-krom pada komponen kendaraan bermotor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menurunkan laju korosi dari yang sebelumnya dengan menvariasi waktu elektroplating nikel-krom serta mengetahui struktur mikro pada komponen kendaraan bermotor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dilakukan pada komponen kendaraan bermotor knalpot dengan memvariasi waktu pencelupan 30 menit, 40 menit, dan 50 menit. Pengujian yang dilakukan yaitu pengujian struktur mikro dan pengujian laju korosi metode polarisasi potensiodinamik. Hasil pengujian struktur mikro terlihat komponen kendaraan bermotor didominasi oleh fasa ferrite. Hasil perhitungan polarisasi mendapatkan laju korosi terbaik pada variasi waktu elektroplating nikel-krom 50 menit dengan jarak pemanas (wolfram) 12 cm yaitu sebesar 0,0000853 mmpy. Jika dibandingkan dengan laju korosi raw material yaitu 0,004555 mmpy, penggunaan elektroplating nikel-krom variasi waktu 50 menit terbukti mampu menurunkan laju korosi pada komponen kendaraan bermotor/knalpot (baja karbon rendah) sebesar 98.1273 %.
Kata Kunci: Knalpot, Elektroplating Nikel-Krom, Laju Korosi.
24-UN57.U1-STM-VII-2021 | MESIN NUR P 2021 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain