Text
SKRIPSI PENERAPAN LKPD BERBANTUAN SIMULASI PHET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA SMP NEGERI 1 BAWANG
ABSTRAK
Pembelajaran IPA dalam pelaksanaannya memiliki permasalahan utama yaitu rendahnya motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Bawang dan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM pada materi getaran dan gelombang. Hasil studi pendahuluan dengan melakukan penyebaran angket dan pretest di SMP Negeri 1 Bawang menunjukan motivasi belajar rendah dan rata-rata hasil belajar siswa belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan penerapan LKPD berbantuan simulasi PhET dan LKPD dari buku paket pada pembelajaran IPA materi getaran dan gelombang terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Bawang, mengetahui perbedaan penerapan LKPD berbantuan simulasi PhET dan LKPD dari buku paket pada pembelajaran IPA materi getaran dan gelombang terhadap hasil belajar kognitif siswa SMP Negeri 1 Bawang, mengetahui perbedaan penerapan LKPD berbantuan simulasi PhET dan LKPD dari buku paket pada pembelajaran IPA materi getaran dan gelombang terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa SMP Negeri 1 Bawang. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah Pretest-postest Nonequivalent Control Group Design. Jumlah subjek 64 siswa, 32 siswa dari kelas VIII-A dan 32 siswa dari kelas VIII-G. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Jenis instrumen penelitian yang digunakan adalah angket motivasi dan instrumen tes berupa pretest-postest. Hasil penelitian menunjukan hasil uji independent sample t-test pada kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen menunjukan bahwa signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat dikatakan H1 diterima. Hasil uji independent sample t-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukan bahwa signifikansi 0,001 < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil uji MANOVA menunjukan nilai signinikansi 0,000 < 0,005, maka dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara pembelajaran IPA materi getaran dan gelombang menggunakan LKPD berbantuan simulasi PhET dengan pembelajaran IPA materi getaran dan gelombang menggunakan LKPD dari buku paket terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa SMP Negeri 1 Bawang. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan membuat rancangan pembelajaran yang lebih memperhatikan kefektifan dalam pembelajaran yang dilakukan karena pada situasi pandemi Covid-19 proses pembelajaran terkadang terkendala waktu dan sering berganti dari tatap muka terbatas ke pembelajaran jarak jauh, LKPD berbantuan simulasi PhET dapat diterapkan di pembelajaran IPA oleh Guru IPA untuk perangkat pembelajaran. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan motivasi untuk penelitian selanjutnya dengan pemilihan teknik pembelajaran yang lebih baik.
Kata kunci : LKPD, Simulasi PhET, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
6-UN57.U1-SI-VII-2021 | IPA MAH P 2021 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain