Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK IPA DENGAN TEMA “BUANA KITA” TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA
ABSTRAK
Hidayani, Laili. 2021. Pengembangan Media E-Komik IPA dengan Tema “Buana Kita” Terintegrasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: media e-komik, PBL, pemecahan masalah
Salah satu keterampilan yang ditekankan pada abad 21 dan menjadi bagian indikator dari literasi sains ialah keterampilan pemecahan masalah. Studi yang dilakukan PISA pada tahun 2015 menunjukkan kemampuan literasi siswa di Indonesia masih rendah. Hal ini selaras dengan kondisi siswa di SMP Negeri 1 Selomerto yang memiliki gejala rendahnya keterampilan pemecahan masalah. Penggunaan buku paket yang bersifat tekstual dan kurangnya altenatif media yang mampu melatihkan langkah pemecahan masalah. E-Komik sebagai media dengan ciri menggabungan teks dan gambar dapat mengilustrasikan permasalahan sekaligus memuat langkah pemecahan masalah pada alur cerita. Adapun tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan media e-komik berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi, mengetahui besar peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa setelah menggunakan media e-komik yang terintegrasi model problem based learning, dan menganalisis respon guru dan peserta didik setelah dilakukan implementasi media e-komik pada pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. Media E-Komik IPA dengan tema “Buana Kita” pada materi sistem pernapasan kelas VIII SMP dikembangkan menggunakan software Comic Life dalam bentuk flipbook. Analisis kelayakan dilakukan menggunakan skala likert. Produk e-komik diimplementasikan kepada sampel siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Selomerto menggunakan teknik purposive cluster sampling. Kepraktisan media dinilai oleh siswa dan guru IPA di SMP Negeri 1 Selomerto yang dianalisis menggunakan skala likert. Hasil penilaian kelayakan oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan kriteria sangat layak dengan persentase 88,6% dari ahli media dan 84,6% dari ahli materi. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa dilihat dari perbedaan hasil pretest dan postest dihitung menggunakan uji t dan n-gain, dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai t hitung=11,379. Terdapat pengaruh penggunaan media e-komik terhadap peningkatan keterampilan pemecahan masalah yang signifikan. Sedangkan berdasarkan perhitungan n-gain, skor gain rata-rata siswa ialah 0,56 dan termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Penyajian ilustrasi masalah dalam bentuk gambar dan alur cerita yang mengintegrasikan langkah pemecahan masalah dalam media e-komik, efektif meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Penggunaan media ekomik mendapatkan respon positif dari siswa dan guru IPA berdasar persentase angket respon sebesar 83,54% dari siswa dan 94%.
5-UN57.U1-SI-VII-2021 | IPA HID P 2021 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain