Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ERP (ENGAGE, RESEARCH, AND PRESENT) DALAM SKEMA ONLINE PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
ABSTRAK
Pertiwi, Utami Dian. 2021. ―Penerapan Model Pembelajaran ERP (Engage, Research, And Present) dalam Skema Online pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP‖. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Siswanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Critical thinking skill atau keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan abad 21 yang sangat penting untuk dikuasai. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tingkat berpikir kritis peserta didik masih cukup rendah. Keterampilan berpikir kritis dapat dilatih melalui proses pembelajaran, model pembelajaran yang tepat mampu mengaktifkan potensi peserta didik yang dapat meningkatan keterampilan berpikir kritis. Pembelajaran berbasis riset dapat membantu mengembangkan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik. Model pembelajaran ERP merupakan salah satu model belajar berbasis riset, dimana proses pembelajaran didesain agar mampu memfasilitasi peserta didik untuk memiliki keterampilan abad 21 khususnya keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran ERP dalam skema online sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan model pembelajaran discovery learning dalam skema online yang bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran ERP dalam skema online terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan dengan metode Quasi Experiment dengan jenis pendekatan penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan teknik sampling yaitu Purposive Sampling. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Data didapat berdasarkan hasil dari instrumen tes dan instrumen observasi. Data yang diperoleh dari instrumen tes akan dianalisis dengan menghitung nilai hasil pre test dan post test, menghitung nilai rata-rata pre test dan post test, uji N-gain, uji signifikansi, dan uji effect size Sedangkan data yang diperoleh dari instrumen observasi dianalisis dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, uji effect size menunjukkan bahwa besar nilai effect size sebesar 0,77 dimana nilai tersebut termasuk ke dalam kategori besar. Berdasarkan dari hasil uji effect size yang telah dilakukan, hasil tersebut menunjukan efektivitas model pembelajaran ERP besar efektivitasnya dibandingan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada mata pelajaran IPA.
3-UN57.U1-SI-VII-2021 | IPA PER P 2021 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain