PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ERP (ENGAGE, RESEARCH, AND PRESENT) DALAM SKEMA ONLINE PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

UTAMI DIAN PERTIWI - Nama Orang;

ABSTRAK
Pertiwi, Utami Dian. 2021. ―Penerapan Model Pembelajaran ERP (Engage, Research, And Present) dalam Skema Online pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP‖. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Siswanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Critical thinking skill atau keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan abad 21 yang sangat penting untuk dikuasai. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tingkat berpikir kritis peserta didik masih cukup rendah. Keterampilan berpikir kritis dapat dilatih melalui proses pembelajaran, model pembelajaran yang tepat mampu mengaktifkan potensi peserta didik yang dapat meningkatan keterampilan berpikir kritis. Pembelajaran berbasis riset dapat membantu mengembangkan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik. Model pembelajaran ERP merupakan salah satu model belajar berbasis riset, dimana proses pembelajaran didesain agar mampu memfasilitasi peserta didik untuk memiliki keterampilan abad 21 khususnya keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran ERP dalam skema online sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan model pembelajaran discovery learning dalam skema online yang bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran ERP dalam skema online terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan dengan metode Quasi Experiment dengan jenis pendekatan penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan teknik sampling yaitu Purposive Sampling. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Data didapat berdasarkan hasil dari instrumen tes dan instrumen observasi. Data yang diperoleh dari instrumen tes akan dianalisis dengan menghitung nilai hasil pre test dan post test, menghitung nilai rata-rata pre test dan post test, uji N-gain, uji signifikansi, dan uji effect size Sedangkan data yang diperoleh dari instrumen observasi dianalisis dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, uji effect size menunjukkan bahwa besar nilai effect size sebesar 0,77 dimana nilai tersebut termasuk ke dalam kategori besar. Berdasarkan dari hasil uji effect size yang telah dilakukan, hasil tersebut menunjukan efektivitas model pembelajaran ERP besar efektivitasnya dibandingan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada mata pelajaran IPA.


Ketersediaan
3-UN57.U1-SI-VII-2021IPA PER P 2021Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA PER P 2021
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2021
Deskripsi Fisik
XVI;56HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik