PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ERP (ENGANGE, RESEARCH, PRESENT) MENGGUNAKAN LABORATORIUM VIRTUAL DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP

WARTINI - Nama Orang;

ABSTRAK
Wartini,W. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran ERP (Engange, Research, Present) Menggunakan Laboratorium Virtual dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahun Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Siswanto, M.Pd., Pembimbing II Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd.
Keterampilan proses sains merupakan keterampilan yang penting bagi siswa untuk memecahkan permasalahan. Hasil survei PISA 2018 menunjukkan bahwa kompetensi sains siswa Indonesia berada pada urutan 71 dari dari 79 negara. Salah satu yang diukur PISA dalam kompetensi sains adalah keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru IPA di SMP Negeri 2 Magelang, didapatkan informasi bahwa keterampilan proses sains siswa rendah. Oleh karena itu dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat melatihkan keterampilan proses sains. Salah satunya adalah model pembelajaran ERP (Engange, Research, Present) menggunakan laboratorium virtual. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan peningkatan keterampilan proses sains antara siswa yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran ERP berbasis laboratorium virtual dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning di SMP Negeri 2 Magelang. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment, dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas dari 8 kelas dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes keterampilan proses sains dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa signifikansi perbedaan peningkatan keterampilan proses sains sebesar 0,000, yang mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan proses sains antara siswa yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran ERP berbasis laboratorium virtual dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Peningkatan keterampilan proses sains siswa yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran ERP berbasis laboratorium virtual sebesar 0,50 dengan kategori peningkatan sedang. Peningkatan keterampilan proses sains proses siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran discovery learning sebesar 0,29 dengan kategori peningkatan rendah. Peningkatan keterampilan proses sains lebih tinggi pada siswa siswa yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran ERP berbasis laboratorium virtual dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan keterampilan proses sains antara siswa yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran ERP berbasis laboratorium virtual dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran ERP (Engange, Research, Present) menggunakan laboratorium virtual untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa. Perlu dilakukan penelitian lanjutan yang didesain dengan alokasi waktu lebih panjang agar peningkatan keterampilan proses sains meningkat tinggi.
Kata Kunci : Model Pembelajaran ERP (Engange, Research, Present), Laboratorium Virtual, Keterampilan Proses Sains


Ketersediaan
2-UN57.U1-SI-VII-2021IPA WAR P 2021Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA WAR P 2021
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2021
Deskripsi Fisik
XIV;57HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik