Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TEMA LINGKUNGANKU TERCEMAR DI SMP NEGERI 1 CANDIMULYO
ABSTRAK
Oktavia, Lilis. 2021. “Pengaruh Model Learning Cycle 5E terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Tema Lingkunganku Tercemar di SMP Negeri 1 Candimulyo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M. Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, S. Pd., M. Pd.
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang penting untuk dikuasai oleh setiap peserta didik. Akan tetapi, berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan diketahui bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Candimulyo masih tergolong rendah yang diindikasikan dengan rendahnya tingkat penafsiran dan analisis peserta didik ketika dihadapkan oleh sebuah permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model learning cycle 5E terhadap keterampilan berpikir kritis tema lingkunganku tercemar di SMP Negeri 1 Candimulyo. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Candimulyo dengan populasi sebanyak 192 peserta didik dan sampel yang digunakan sebanyak 64 peserta didik yang diperoleh melalui teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tertulis, dimana instrumen tes yang digunakan berupa soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat, analisis peningkatan keterampilan berpikir kritis, uji independent sample t-test dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari enam indikator keterampilan berpikir kritis peserta didik yang menerapkan model learning cycle 5E diperoleh peningkatan yang bervariasi. Indikator yang mengalami peningkatan tertinggi adalah indikator explanation dengan selisih rata-rata sebesar 30,38 sedangkan untuk indikator yang mengalami peningkatan terendah adalah indikator inference dengan selisih rata-rata sebesar 11,53. Hal tersebut terjadi karena peserta didik masih mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi elemen-elemen yang dibutuhkan dalam menarik kesimpulan akibat kurangnya komunikasi dan bimbingan yang terjalin antara guru dengan peserta didik. Selain itu, dari analisis data yang dilakukan menggunakan uji effect size diperoleh nilai effect size (d) sebesar 1,762 dengan kriteria efek sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model learning cycle 5E terhadap keterampilan berpikir kritis tema lingkunganku tercemar di SMP Negeri 1 Candimulyo.
Kata Kunci: learning cycle 5E, keterampilan berpikir kritis
1-UN57.U1-SI-VII-2021 | IPA OKT P 2021 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain