Text
SKRIPSI AN ANALYSIS OF STUDENT ENGAGEMENT ON THE USE OF ONLINE TEACHING STRATEGIES FOR TEACHING LISTENING DURING COVID-19 PANDEMIC ERA: A CASE STUDY AT SMA N 1 MUNTILAN IN THE SCHOOL YEAR OF 2020/2021
ABSTRAK
Pudyaningrum, AF. (2021). Analisis Keterlibatan Siswa Pada Penggunaan Strategi Pengajaran Online Untuk Pengajaran Mendengarkan Selama Era Pandemi Covid19: Studi Kasus di SMA N 1 Muntilan Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Penddidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan. Universitas Tidar. Konsultan I Dr. Farikah, S.Pd., M.Pd., Konsultan II Widya Ratna K. S.Pd., M.Pd., M.Ed.
Kata Kunci: keterlibatan siswa, pembelajaran mendengarkan secara online, top-down strategi
Keterlibatan siswa telah meningkatkan ketertarikan di bidang pembelajaran secara online. Tingkat keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar mempengaruhi prestasi mereka. Dalam situasi saat ini, akan lebih menantang untuk membuat siswa tetap terlibat dalam pembelajaran meskipun tidak ada interaksi tatap muka dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, menganalisis keterlibatan siswa pada penggunaan strategi pengajaran online untuk pengajaran mendengarkan adalah tujuan dari penelitian ini. Mendengarkan memiliki peran penting dalam pembelajaran bahasa. Mendengarkan adalah proses menerima informasi atau menangkap makna dari apa yang mereka dengar. Keterlibatan siswa dalam kelas mendengarkan online sangat signifikan terhadap kemampuan mereka dalam bahasa Inggris. Jika siswa dapat menyerap informasi dari apa yang mereka dengar maka akan mudah bagi mereka untuk meningkatkan keterampilan lainnya, seperti berbicara dan menulis. Ada tiga tujuan dari penelitian ini. Pertama adalah menganalisis keterlibatan siswa pada penggunaan strategi pengajaran online untuk pembelajaran mendengarkan di era pandemi. Kedua adalah menganalisis strategi guru untuk mengajar mendengarkan secara online selama situasi pandemi. Dan yang terakhir adalah untuk mengetahui permasalahan dalam pembelajaran mendengarkan secara online selama situasi pandemi. Penulis menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dalam penelitian ini. Subyek sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-IPS 1 dan melibatkan 36 siswa. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan siswa dalam pembelajaran online dipengaruhi oleh banyak faktor, yaitu motivasi psikologis, kolaborasi teman sebaya, pemecahan masalah kognitif, interaksi dengan instruktur, dukungan lingkungan, dan manajemen pembelajaran. Dengan demikian, tingkat keterlibatan siswa di SMA N 1 Muntilan cukup tinggi berdasarkan hasil observasi dan angket. Oleh karena itu, strategi bottom-up, top-down, dan interaktif digunakan oleh guru dalam mendengarkan online. Namun, guru biasanya menggunakan strategi Top-Down. Kecenderungan penggunaan strategi Top-Down dalam pengajaran mendengarkan secara online dapat meningkatkan pemahaman atau pemahaman siswa terhadap topik tertentu dari pembelajaran mendengarkan secara online. Kesulitan siswa yang paling banyak dalam mendengarkan online adalah memahami makna dari input dan kurangnya kosakata. Penulis memberikan saran kepada guru bahasa Inggris untuk menggunakan strategi pemrosesan Top-down untuk mengajar mendengarkan secara online. Kemudian, penulis menyarankan siswa mencoba untuk tetap terlibat dalam mendengarkan online untuk meningkatkan mata pelajaran bahasa Inggris mereka.
39-UN57.U1-SING-VII-2021 | INGGRIS PUD A 2021 | Ruang Skripsi (BAHASA INGGRIS) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain