Text
SKRIPSI ENGLISH ASSESSMENT DURING THE IMPLEMENTATION OF ONLINE TEACHING-LEARNING: A CASE STUDY OF SENIOR HIGH SCHOOL
ABSTRAK
Siswari, Heni. (2021). Penilaian Bahasa Inggris Selama Pengimplementasian Kegiatan Belajar Mengajar Online: Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas . Skripsi. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Konsultan I Dr. Farikah, S.Pd., M.Pd., Konsultan II Candradewi Wahyu A., M.Pd.
Kata Kunci: Penilaian, Online, Belajar-Mengajar.
Wabah Covid-19 yang menjadi kasus di Indonesia sejak Maret 2020 justru membuat proses pendidikan terhambat. Oleh karena itu, banyak hal yang berkaitan dengan pendidikan harus disesuaikan agar tetap seimbang. Tak terkecuali istilah-istilah seperti evaluasi, pengukuran, tes, dan penilaian dalam ELT. Penelitian ini berfokus pada Asesmen/penilaian yang diberikan oleh guruguru di SMA N 1 Grabag selama pelaksanaan belajar-mengajar online pada saat wabah Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan proses penilaian guru dalam bahasa Inggris selama proses belajar-mengajar online (2) untuk mengeksplorasi jenis-jenis penilaian dalam mata pelajaran bahasa Inggris selama proses belajar-mengajar online, dan (3) untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan penilaian online dalam proses belajar-mengajar online. Penilaian guru bahasa Inggris menjadi subjek penelitian ini. Dalam penelitian ini, penelitian kualitatif berupa studi kasus digunakan sebagai metode penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan asesmen yang berkaitan dengan asesmen ilmiah 5M masih diusahakan oleh para guru meskipun sulit untuk diterapkan dalam pembelajaran daring ini. Dalam hal jenis penilaian, guru sebagian besar mengandalkan penilaian formal dalam hal tugas untuk membuat penilaian karena penilaian informal sulit dilakukan. Terkait dengan penilaian Kompetensi Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan, setiap guru memiliki cara tertentu untuk menilai siswanya yang disesuaikan dengan kondisi lapangan yang sebenarnya. Melakukan penilaian dalam proses belajar-mengajar online di masa wabah Covid-19 memang tidak mudah. Hal ini sebenarnya memudahkan guru untuk melakukan penilaian karena proses penilaian online dianggap sederhana dan fleksibel. Namun, sulitnya mengamati dan mengembangkan kompetensi siswa, kurangnya keaktifan, interaksi, dan respon siswa membuat guru terkendala untuk menilai siswa secara optimal. Dalam menghadapi hal ini, guru harus menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam melakukan penilaian dalam pembelajaran online ini. Akibatnya, guru mungkin meningkatkan kekurangan untuk membuat penilaian yang efektif. Selanjutnya, interaksi kelas online harus lebih dibangun untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran online. Dengan demikian, akan membantu guru untuk mengamati kompetensi siswa.
40-UN57.U1-SING-VII-2021 | INGGRIS SIS E 2021 | Ruang Skripsi (BAHASA INGGRIS) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain