Text
SKRIPSI EVALUASI PROGRAM INOVASI PELAYANAN PUBLIK PADA APLIKASI IMAGELANG DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA MAGELANG
ABSTRAK
EVALUASI PROGRAM INOVASI PELAYANAN PUBLIK PADA APLIKASI IMAGELANG DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA MAGELANG
Arini Listianingrum (1710201108) Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Evaluasi kebijakan atau program digunakan untuk mengukur seberapa jauh program dirancang dapat berlangsung. Terdapatnya Undang-Undang nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan, Peraturan Daerah Kota Magelang nomor 5 tahun 2018 tentang inovasi daerah dan Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 3 tahun 2014 tentang penyelenggaraan perpustakaan, maka berdasarkan peraturan tersebut Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang meluncurkan aplikasi iMagelang. Aplikasi iMagelang ini diluncurkan tahun 2017 telah memiliki suatu permasalahan yaitu kurangnya kepuasan masyarakat pengguna terhadap aplikasi ini, menurunnya pengguna aplikasi iMagelang meskipun sudah banyak dilakukan sosialisasi, dan di musim pandemic covid 19 mengunjungi perpustakaan terbatas maka diperlukan peningkatan kualitas terhadap aplikasi e-book. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses dan hasil dari evaluasi program inovasi pelayanan publik pada aplikasi iMagelang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan indicator evaluasi kebijakan menurut Bridgman & Davis (2000) yaitu indikator input, proses, output, dan outcomes. Hasil penelitian menunjukkan evaluasi program aplikasi iMagelang sudah tepat sasaran karena semua kalangan masyarakat tetap bisa menikmati aplikasi ini kapanpun dan dimanapun, namun aplikasi ini belum bisa dikatakan sempurna karena belum memenuhi semua indicator yang mana dalam indikator input masih banyak bergantung kepada pihak ke tiga, belum adanya admin khusus yang merespon keluhan masyarakat, dan masih terdapat pengelola yang tidak mengerti TI, sedangkan dalam indikator output mengalami penurunan pengguna dan masih kurangnya kepuasan masyarakat terhadap aplikasi ini terkait banyak ebook yang mereka cari tidak ada, tampilan dinilai kurang menarik,dan kurangnya kesempurnaan e-book yang sudah ada seperti beberapa tidak memiliki daftar isi dan cara membaca yang belum seperti membaca buku, sedangkan permasalahan lain tergantung dari sinyal pengguna aplikasi. Untuk itu, peneliti memberikan beberapa saran untuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Magelang, Pemerintah Kota Magelang, dan masyarakat pengguna aplikasi iMagelang.
Kata Kunci : Evaluasi Kebijakan, Inovasi Pelayanan Publik, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang.
30-UN57.U1-SSP-VII-2021 | FISIPOL LIS E 2021 | Ruang Skripsi (FISIPOL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain