Text
SKRIPSI ANALISIS INOVASI PELAYANAN KESEHATAN ONE CLIENT ONE KADER (OCE OKE) DALAM MENGURANGI ANGKA KEMATIAN BAYI DI KECAMATAN PEJAWARAN KABUPATEN BANJARNEGARA
ABSTRAK
ANALISIS INOVASI PELAYANAN KESEHATAN ONE CLIENT ONE KADER (OCE OKE) DALAM MENGURANGI ANGKA KEMATIAN BAYI DI KECAMATAN PEJAWARAN KABUPATEN BANJARNEGARA
Elvira Yenistika Safarinda (elvirayenistika@gmail.com) Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar
Angka Kematian Bayi (AKB) merupakan salah satu faktor penting yang mencerminkan derajat kesehatan di suatu negara. Kabupaten Banjarnegara merupakan peringkat ketiga di Jawa Tengah dengan angka kematian bayi tertinggi. Mengingat permasalahan tersebut, pada tahun 2017 Puskesmas Kecamatan Pejawaran membuat sebuah inovasi pelayanan kesehatan baru bernama inovasi One Client One Kader (Oce Oke) untuk mengurangi angka kematian bayi. Pada tahun 2019 angka kematian bayi di Kabupaten Banjarnegara bisa menurun drastis dan menjadi angka terendah sejak empat tahun terakhir. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan inovasi Oce Oke di Kecamatan Pejawaran beserta faktor pendukung dan penghambat dari inovasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan yaitu teori atribut inovasi milik Rogers. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam inovasi Oce Oke terdapat aspek keuntungan relatif yaitu adanya pelibatan masyarakat dan kesehatan kehamilan lebih terpantau, aspek kesesuaian yaitu inovasi Oce Oke sudah sesuai dengan permasalahan yang ada di Kecamatan Pejawaran, aspek kerumitan yaitu terdapat beberapa kerumitan pada client dan kader, aspek kemungkinan dicoba yaitu inovasi Oce Oke sudah mampu untuk dicoba di wilayah lain karena terbukti keuntungannya, dan aspek kemudahan diamati yaitu bahwa inovasi Oce Oke ini bisa untuk diamati melalui proses dan hasilnya. Adapun faktor pendukung dari inovasi Oce Oke yaitu berupa modal manusia, modal kepemimpinan, dan modal struktur organisasi, sedangkan faktor penghambatnya yaitu berasal dari lingkungan luar sektor publik.
Kata Kunci: Inovasi Oce Oke, Atribut Inovasi, Pelayanan Kesehatan
29-UN57.U1-SSP-VII-2021 | FISIPOL SAF A 2021 | Ruang Skripsi (FISIPOL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain