Text
SKRIPSI STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA GOA JATIJAJAR OLEH DINAS KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA DAN PARIWISATA KABUPATEN KEBUMEN DALAM MASA PANDEMI COVID-19
ABSTRAK
Strategi Pengembangan Obyek Wisata Goa Jatijajar Oleh Dinas Kepemudaan Dan Olahraga Dan Pariwisata Kabupaten Kebumen Dalam Masa Pandemi Covid-19
Pariwisata merupakan salah satu pemanfaatan sumber daya alam yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi bagi suatu daerah yang mengelola sumber daya alam menjadi suatu tempat wisata yang dapat menarik pengunjung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemic covid-19 yang menyerang Indonesia kurang lebih 1 tahun ini. Dengan adanya pandemic covid-19 ini memberikan dampak buruk terhadap berbagai bidang seperti bidang pendidikan, bidang politik, sosial, ekonomi, bidang pariwisata. Hal ini menyebabkan pemerintah mengeluarkan kebijakan baru guna memutus rantai penyebaran covid-19 ini. dalam melaksanakan kebijakan tersebut, pemerintah kebumen khusunya Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kebumen menutup semua obyek wisata yang ada termasuk juga obyek wisata Goa Jatijajar, guna untuk memutus rantai penyebaran covid-19. Penelitisn ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan obyek wisata Goa Jatijajar oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kebumen pada masa pandemic covid-19. Strategi ini dianalisis menggunakan dimensi – dimensi strategi yaitu Tujuan, Kebijakan, dan Program. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif dengan data primer yang diperoleh dari wawncara dan observasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan, dokumentasi dan juga peraturan – peraturan yang sesuai dengan masalah yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan obyek wisata Goa Jatijajar memiliki tujuan 1) meningkatkan jumlah pengunjung, 2) meningkatkan jumlahPAD, 3) menjadikan obyek wisata Goa Jatijajar sebagai pilot projek Disporawisata, kebijakan 1) memfokuskan pengembangan dari segi fisik, seperti pembangunan sarana dan prasarana dan juga infrastruktur yang mendukung keindahan obyek wisata itu sendiri, program 1) promosi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi, 2) menjalin kerjasama dengan pihak lain dalam mengembangkan obyek wisata tersebut.
Kata kunci : Pariwisata, Covid-19, Dimensi Strategi
38-UN57.U1-SSP-VII-2021 | FISIPOL WIN S 2021 | Ruang Skripsi (FISIPOL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain