Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP
ABSTRAK
Widia. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi STEM Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, M.Sc., Pembimbing II Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd.
Perkembangan pendidikan abad 21 membutuhkan keterampilan berpikir yang meliputi keterampilan berpikir logis, analisis, kritis, dan kreatif (National Science Teacher Association, 2011). Tujuan perkembangan pendidikan adalah hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil observasi di SMP N 8 Magelang pada bulan Desember 2020 bahwa guru cenderung menerapkan pembelajaran konvensional seperti menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran kurang aktif dan guru kurang menginovasikan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi STEM terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain penelitian eksperimen dalam penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalen Control Group Design. Jumlah subjek penelitian adalah 20 peserta didik kelas XI , 30 peserta didik kelas VIII E dan 30 peserta didik kelas VIII F. Jenis instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi soal, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan soal berupa pretes dan postes. Hasil penelitian adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi STEM terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan peningkatan hasil belajar kategori tinggi sebesar 0,8 dan kemampuan berpikir kritis kategori tinggi sebesar 0,78. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi STEM berpengaruh pada peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis digunakan dalam pembelajaran.. Peneliti menyarankan kepada guru menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi STEM dalam pembelajaran IPA dengan pemilihan materi yang tepat sehingga pembelajaran lebih interaktif dan menarik dan kepada peneliti lain menggunakan tema model pembelajaran Problem Based Learning sebaiknya meninjau variabel terikat yang belum digunakan dalam penelitian ini.
Kata kunci : Model pembelajaran Problem Based Learning, STEM, hasil belajar, kemampuan berpikir kritis
12-UN57.U1-SI-VIII-2021 | IPA WID P 2021 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain