Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS OPEN ENDED PROBLEM BERBANTUAN KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
ABSTRAK
Atanti, Rina Dwik. 2021. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Open Ended Problem Berbantuan Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, M.Pd. Pembimbing II Nuryunita Dewantari, M.Pd.
Pandemi covid 19 berdampak bagi pendidikan di Indonesia, salah satunya yaitu pelaksanaan pembelajaran daring. Pembelajaran daring ini berpotensi menurunkan keterampilan berpikir kritis peserta didik karena sistem komunikasi yang cenderung berjalan satu arah. Rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik di Indonesia juga dibuktikan dengan hasil PISA 2018, dimana Indonesia menempati peringkat ke-7 dari bawah. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi pengembangan LKPD untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu untuk menganalisis kelayakan dan respon peserta didik terhadap LKPD, serta menganalisis efektivitas dari LKPD. Adapun batasan masalah dalam penelitian ini yaitu kelayakan LKPD diketahui dari validasi ahli yang terdiri dari dosen dan pendidik mata pelajaran IPA, serta LKPD ini akan dikembangkan pada materi pencemaran lingkungan kelas VII. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan yang disebut dengan model 4-D. Model 4-D terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Namun tahap penyebaran tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Sumber data dalam penelitian ini adalah para ahli yang terdiri dari dosen dan pendidik pengampu mata pelajran IPA, serta peserta didik. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, kuesioner, dan instrumen tes keterampilan berpikir kritis. Hasil validasi LKPD dianalisis dengan menggunakan V-Aiken, respon peserta didik dianalisis dengan perhitungan persentase, dan efektivitas LKPD dianalisis dengan menggunakan uji Wicoxon dan N-Gain. LKPD berbasis open ended problem berbantuan komik merupakan pengembangan bahan ajar berupa LKPD yang didesain dengan mengkombinasikan komik untuk menyampaikan materi pelajaran, serta menyampaikan pertanyaan berbasis open ended prolem yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Hasil validasi menujukkan nilai validitas dengan rata-rata 0,85 yang berarti sangat valid. Oleh karena itu, LKPD ini layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Sementara hasil kuesioner respon peserta didik adalah 84,57 % yang berarti LKPD ini sangat menarik. Adapun efektivitas LKPD dianalisis dengan uji Wicoxon dan N-Gain dari hasil pre-test dan post-test. Hasil uji wicoxon menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang sinifikan. Besarnya peningkatan ini diketahui dari uji N-Gain. Berdasarkan uji N-Gain yang telah dilakukan.didapatkan nilai dengan kategori sedang sebesar 0,41. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka disimpulkan bahwa LKPD berbasis open ended problem berbantuan komik layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran, merupakan bahan ajar yang menarik bagi peserta didik, serta efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Peneliti mengharapkan LKPD ini dapat menambah wawasan pengetahuan mengenai inovasi bahan ajar yang menarik dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melakukan uji skala luas dan dapat melakukan penyebaran, serta dapat dikembangkan pada materi yang lain. Selain itu, diharapkan juga adanya penelitian lanjut untuk mengetahui efektivitas LKPD pada pembelajaran yang dilaksanakan dengan jaringan stabil dari pendidik dan semua peserta didik.
Kata Kunci: pengembangan LKPD, open ended problem, komik, berpikir kritis
10-UN57.U1-SI-VII-2021 | IPA ATA P 2021 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain