Text
SKRIPSI ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMP SETELAH MEMBACA TEKS ILMIAH: STUDI PADA TOPIK KEMAGNETAN
ABSTRAK
Musni, Dewi Inda. 2021. “Analisis Miskonsepsi Siswa SMP Setelah Membaca Teks Ilmiah: Studi Pada Topik Kemagnetan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Siswanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd.
Pelaksanaan pembelajaran saat pandemi Covid-19 yaitu secara daring. Cara mengajar yang digunakan guru adalah memberikan teks untuk dibaca siswa kemudian dilanjutkan dengan memberikan soal yang harus dikerjakan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis konten. Prosedur penelitian yaitu memberikan teks ilmiah bertema teori dasar kemagnetan kepada siswa; siswa membaca teks ilmiah tersebut; memberikan tes kepada siswa setelah membaca teks ilmiah. Tes berupa tes diagnostic four tier berbentuk esai yang terintegrasi dalam lembar kerja siswa, hasil tes kemudian dianalisis. Hasil temuan menunjukkan bahwa pada setiap soal tes terdapat siswa yang mengalami miskonsepsi. Miskonsepsi yang dialami siswa adalah bertolak belakang dengan konsep yang benar. Jawaban untuk setiap soal tes terdapat pada teks yang dibaca siswa, namun siswa yang mengalami miskonsepsi tidak dapat menjawab dengan tepat. Sebagian siswa yang mengalami miskonsepsi dapat menyebutkan dan menjelaskan bagian teks yang menjadi jawaban namun mereka tidak menggunakannya untuk menjawab soal tes. Sebagian siswa lainnya yang mengalami miskonsepsi tidak dapat menyebutkan maupun menjelaskan bagian teks yang menjadi jawaban. Kemampuan pemahaman setiap siswa menentukan bagaimana mereka dapat memahami suatu konsep. Untuk itu siswa sangat membutuhkan bimbingan dari guru.
Kata Kunci: miskonsepsi, pemahaman, membaca teks ilmiah, kemagnetan
9-UN57.U1-SI-VII-2021 | IPA MUS A 2021 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain