PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMP SETELAH MEMBACA TEKS ILMIAH: STUDI PADA TOPIK KEMAGNETAN

DEWI INDA MUSNI - Nama Orang;

ABSTRAK
Musni, Dewi Inda. 2021. “Analisis Miskonsepsi Siswa SMP Setelah Membaca Teks Ilmiah: Studi Pada Topik Kemagnetan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Siswanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd.
Pelaksanaan pembelajaran saat pandemi Covid-19 yaitu secara daring. Cara mengajar yang digunakan guru adalah memberikan teks untuk dibaca siswa kemudian dilanjutkan dengan memberikan soal yang harus dikerjakan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis konten. Prosedur penelitian yaitu memberikan teks ilmiah bertema teori dasar kemagnetan kepada siswa; siswa membaca teks ilmiah tersebut; memberikan tes kepada siswa setelah membaca teks ilmiah. Tes berupa tes diagnostic four tier berbentuk esai yang terintegrasi dalam lembar kerja siswa, hasil tes kemudian dianalisis. Hasil temuan menunjukkan bahwa pada setiap soal tes terdapat siswa yang mengalami miskonsepsi. Miskonsepsi yang dialami siswa adalah bertolak belakang dengan konsep yang benar. Jawaban untuk setiap soal tes terdapat pada teks yang dibaca siswa, namun siswa yang mengalami miskonsepsi tidak dapat menjawab dengan tepat. Sebagian siswa yang mengalami miskonsepsi dapat menyebutkan dan menjelaskan bagian teks yang menjadi jawaban namun mereka tidak menggunakannya untuk menjawab soal tes. Sebagian siswa lainnya yang mengalami miskonsepsi tidak dapat menyebutkan maupun menjelaskan bagian teks yang menjadi jawaban. Kemampuan pemahaman setiap siswa menentukan bagaimana mereka dapat memahami suatu konsep. Untuk itu siswa sangat membutuhkan bimbingan dari guru.
Kata Kunci: miskonsepsi, pemahaman, membaca teks ilmiah, kemagnetan


Ketersediaan
9-UN57.U1-SI-VII-2021IPA MUS A 2021Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA MUS A 2021
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2021
Deskripsi Fisik
XV;54HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik