Text
SKRIPSI PENERIMAAN KHALAYAK PADA KAMPANYE #STOPBODYSHAMING (Analisis Resepsi Kampanye #Stopbodyshaming Pada Followers Instagram @Cindercella)
ABSTRAK
Ida Sutriani (2021). Penerimaan Khalayak Pada Kampanye #Stopbodyshaming (Analisis Resepsi Kampanye #Stopbodyshaming Pada Followers Instagram @Cindercella)
Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Penelitian ini membahas tentang bagaimana pemaknaan followers Instagram @Cindercella pada kampanye stop body shaming Cindercella. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui makna yang timbul pada followers Instagram Cindercella mengenai kampanye stop body shaming. Analisa digunakan dengan paradigma kritis dan menggunakan metode Analisis Resepsi milik Stuart Hall. Dalam menganalisis latar belakang informan dalam memaknai pesan kampanye tersebut, peneliti menggunakan Teori uses and gratification. Hasil penelitian ini adalah Cindercella ingin menunjukkan bahwa body shaming berbahaya bagi mental health korbannya. Selain itu Cindercella juga mengajak khalayak untuk self love dan percaya diri apapun bentuk fisiknya. Pesan kampanye stop body shaming Cindercella diterima oleh masing-masing informan dengan makna yang berbeda. Akhirnya penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi public relation atau humas dalam melihat persepsi atau pemaknaan sebuah kampanye pada khalayak.
Kata Kunci: Body Shaming, Kampanye, Instagram, Resepsi
1-UN57.U1-SIK-VIII-2021 | KOMUNIKASI SUT P 2021 | Ruang Skripsi (ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain