Text
SKRIPSI ANALISIS PERBANDINGAN BUKU TEKS IPA SMP DI INDONESIA DAN DI SINGAPURA DILIHAT DARI ASPEK NATURE OF SCIENCE (NOS)
ABSTRAK
Sumarni, Sumi. 2021. “Analisis Perbandingan Buku Teks IPA SMP di Indonesia dan di Singapura Dilihat dari Aspek Nature of Science (NOS)”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Siswanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd.
Literasi sains berperan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Komponen vital literasi sains yaitu pemahaman Nature of Science (NOS) atau hakikat sains, yakni literasi sains mengandung aspek NOS. Hasil skor PISA Singapura yang tinggi dapat menjadi pembanding yang tepat bagaimana representasi NOS yang seharusnya ada. Studi pendahuluan mengungkapkan bahwa topik yang masih tergolong sulit untuk dilatihkan baik dalam pembelajaran maupun penerapan aspak NOS yaitu pada topik Kelistrikan dan Kemagnetan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh perbandingan konten dan menjelaskan aspek NOS pada buku teks IPA di Indonesia dan buku teks IPA di Singapura. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan desain analisis isi (content analysis). Fokus penelitian ini pada buku IPA SMP/MTs Kelas IX Semester 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018, buku IPA Terpadu SMP/MTs Kelas IX Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018, dan buku Lower Secondary Science Matters Textbook Volume B 2nd Edition 2013. Teknik pengumpulan data yaitu dengan telaah dokumen dengan instrumen non-tes berupa pedoman observasi untuk menilai buku teks berdasarkan aspek NOS yang dikembangkan oleh Abd-El-Khalick, Waters, & Le (2008). Teknik keabsahan data menggunakan uji kepercayaan, uji keteralihan, uji kebergantungan, dan uji kepastian. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode perbandingan tetap oleh Moleong (2014). Hasil yang diperoleh yaitu buku teks dari kedua negara telah merepresentasikan beberapa aspek NOS yang sesuai, namun aspek didorong oleh teori masih belum ditemukan dalam ketiga buku tersebut serta aspek yang ada belum direpresentasikan dengan baik. Buku teks IPA di Singapura memperoleh skor yang lebih tinggi dari buku teks IPA di Indonesia, namun ketersediaan aspek NOS buku teks IPA di Indonesia lebih banyak dari buku teks IPA di Singapura. Buku teks IPA di Singapura lebih unggul dari buku teks IPA di Indonesia dari segi skor, namun buku Indonesia unggul dari ketersediaan aspek NOS. Aspek yang direpresentasikan secara eksplisit, informasi lengkap, dan konsisten pada buku teks IPA di Indonesia dan buku teks IPA di Singapura yaitu aspek inferensial. Oleh karena itu saran bagi pemerintah hendaknya memberi standar pada penulis atau penyusun buku teks IPA SMP yang ada di Indonesia untuk merepresentasikan aspek-aspek NOS, bagi penyelenggara pendidikan hendaknya memilih buku teks IPA SMP/MTs yang memuat aspek NOS yang dimuat secara eksplisit, konsisten dan memiliki informasi yang lengkap, bagi penelitian selanjutnya yaitu untuk melakukan pengembangan bahan ajar dengan mengintegrasikan aspek NOS.
Kata Kunci: Analisis Buku, Hakikat Sains, NOS
15-UN57.U1-SI-VIII-2021 | IPA SUM A 2021 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain