Text
SKRIPSI STRATEGI PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MALALUI PELATIHAN DAN ADVOKASI OLEH DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Melalui Pelatihan Oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang
Oleh : Adinda Nurul Hidayah 1710201012 Email: adindanhid20@gmail.com Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Tidar
Pemberdayaan adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membentuk kelompok lemah atau belum berdaya agar mempu meningkatkan keberdayaannya melalui peningkatan keterampilan mereka yang kemudian dapat meningkatkan kualitas hidup kelompok tersebut. Salah satu kelompok yang harus diberdayakan adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) . UMKM adalah orang-orang yang bergerak pada sektor ekonomi dengan skala yang tidak besar dan mengalami kesulitan dalam mengembangkan usaha mereka. Pemberdayaan UMKM yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang dapat dilakukan melalui pelatihan dan advokasi. Pelatihan adalah memberikan ilmu mengenai cara pengembangan produk bagi para pelaku UMKM, sedangkan advokasi adalah langkah yang pengambilan keputusan yang dalam memecahkan suatu masalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan menggunakan pendekatan 5P dari Edi Suharto(1997) yaitu pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan, pemeliharaan. Dengan hasil pemberdayaan melalui pelatihan dan advokasi terdapat 4 strategi yaitu penguatan, perlindungan, penyokongan dan penguatan yang dapat meningkatkan kualitas produk dan pendapatan bagi UMKM. Akan tetapi, masih belum optimal karena terdapat latar belakang SDM pelaku UMKM yang berbedabeda yang membuat implementai pemberyaan belum mencapai tujuan.
Kata Kunci: Strategi, Pemberdayaan, UMKM
50-UN57.U1-SSP-VIII-2021 | FISIPOL HID S 2021 | Ruang Skripsi (FISIPOL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain