Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA TEMA GERHANA CERITA BATARA KALA MELALUI WEBTOON UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BEPIKIR KRITIS DI SMP N 13 KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Aditia, Kevin. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Tema Gerhana Cerita Batara Kala Melalui Webtoon Untuk Mengembangkan Keterampilan Bepikir Kritis di SMP N 13 Kota Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Media pembelajaran, Komik Webtoon, Batara Kala, Berpikir kritis
Penelitian ini di latar belakangi belum adanya pengembangan media pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berpiki kritis di SMP N 13 Kota Magelang pada mata pelajaran IPA. Proses pembelajaran daring yang dilakukan di SMP N 13 Kota Magelang belum terdapat media yang efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran yang dan memotivasi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran IPA tema gerhana cerita Batara Kala melalui Webtoon untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis di SMP N 13 Kota Magelang. Pengembangan media ditinjau dari kelayakan media pembelajaran, efektifitas media pembelajaran dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kepraktisan media pembelajaran untuk digunakan sebagai media pembelajaran Kompetensi Dasar 3.11 Tema gerhana. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE yang meliputi lima tahap pengembangan yaitu analysis, design, develope, implementation, dan evaluation. Desain uji coba yang dilakukan adalah one group pretest-postest dengan subjek penelitian sebanyak 30 peserta didik kelas VII semester II menggunakan teknik sampling purposive. Hasil pengembangan media pembelajaran pada aspek kelayakan memperoleh nilai dari ahli media sebesar 4,15 dengan kategori valid dan perolehan nilai dari ahli media sebesar 4,1 dengan kategori layak sehingga disimpulkan media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan. Efektifitas media pembelajaran setelah tahap implementasi berdasarkan hasil uji N-gain pada pretestdan posttest peserta didik menghasilkan perolehan skor N-gain sebesar 0,63 yang termasuk dalam kategori sedang sehingga pengembangan media pembelajaran dinyatakan efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis di SMP N 13 Kota Magelang. Kepraktisan media berdasarkan hasil kuisioner respon guru dan peserta didik menghasilkan perolehan skor respon kepraktisan guru sebesar 4,75 yang termasuk dalam kategori sangat baik dan kepraktisan peserta didik sebesar 4,35 yang termasuk dalam kategori sangat baik, sehingg dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat praktis. Kesimpulan dari penenilitian ini telah memenuhi aspek kelayakan pengembangan media, efektifitas pengembangan media dan kepraktisan media dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis di SMP N 13 Kota Magelang. Saran dalam penelitian ini yaitu penggunaan media pembelajaran komik webtoon dengan judul “Mengungkap Misteri Batara Kala” agar di optimalkan dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model diskusi antar peserta didik sehingga lebih efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Untuk penelitian kedepan harapanya agar terdapat pengembangan media serupa yang dapat menjangkau dalam mengembangkan keterampilan abad 21 lainya dengan menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan peserta didik.
16-UN57.U1-SI-VIII-2021 | IPA ADI P 2021 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain