PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH VARIASI LOBE SEPARATION ANGLE PADA CAMSHAFT TERHADAP UNJUK KERJA MESIN PADA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 1 SILINDER

ARIEF HARI KURNIAWAN - Nama Orang;

ABSTRAK
Modifikasi untuk mengoptimalkan unjuk kerja motor bensin dilakukan dengan cara mengubah Lobe Separation Angle (LSA) pada camshaft. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perbedaan LSA terhadap daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar spesifik pada motor bensin. Objek pada penelitian ini adalah sepeda motor Supra X 125D dengan menggunakan putaran mesin 4.000 rpm-9.000 rpm dengan range 1.000 rpm. Penelitian ini menggunakan metode pengujian variasi camshaft LSA 100°, 103°, dan 105° dengan putaran mesin yang bervariasi dengan posisi transmisi 3. Hasil penggunaan camshaft LSA 100° menghasilkan daya maksimal sebesar 7,3 hp pada putaran mesin 7.000 rpm, torsi maksimal sebesar 9,25 Nm pada putaran mesin 5.000 rpm, dan konsumsi bahan bakar spesifik minimal sebesar 0,0306 kg/jam.hp pada putaran mesin 4.000 rpm. Hasil penggunaan camshaft LSA 103° menghasilkan daya maksimal sebesar 7,5 hp pada putaran mesin 7.000 rpm, torsi maksimal sebesar 8,66 Nm pada putaran mesin 6.000 rpm, dan konsumsi bahan bakar spesifik minimal sebesar 0,0304 kg/jam.hp pada putaran mesin 6.000 rpm. Hasil penggunaan camshaft LSA 105° menghasilkan daya maksimal sebesar 7,0 hp pada putaran mesin 6.000 rpm, torsi maksimal sebesar 8.31 Nm pada putaran mesin 6.000 rpm, dan konsumsi bahan bakar spesifik minimal sebesar 0,0353 kg/jam.hp pada putaran mesin 5.000 rpm. Daya disebabkan oleh perbedaan celah katup dan sudut pembukaan katup. Torsi disebabkan oleh perbedaan waktu pembukaan dan penutupan katup. Konsumsi bahan bakar spesifik disebabkan oleh perbedaan waktu pembukaan katup, waktu konsumsi bahan bakar, dan overlap.
Kata kunci: lobe separation angle, camshaft, daya, torsi, konsumsi bahan bakar spesifik.


Ketersediaan
31-UN57.U1-STM-IX-2021MESIN KUR P 2021Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MESIN KUR P 2021
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2021
Deskripsi Fisik
XIII;52HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
621.8
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_TEKNIK_MESIN
FAKULTAS_FT
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik