Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP PADA TEMA CAHAYA DAN MANFAATNYA BAGI KEHIDUPAN
ABSTRAK
Awwaliyah, Heny S. 2021. “Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP pada Tema Cahaya dan Manfaatnya bagi Kehidupan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Dr. Ahmad Muhlisin.
Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi terutama di bidang pendidikan, maka perlu dilakukan adanya peningkatan dalam kegiatan pembelajaran. Peningkatan tersebut dapat dilakukan melalui adanya media pembelajaran atau bahan ajar yang sesuai dan cocok bagi siswa. Hal ini diperlukan untuk membantu mengatasi masalah dan mempermudah siswa dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil tanya jawab terhadap guru di SMPN 1 Mlonggo Jepara, belum ada inovasi media ajar selain buku cetak. Sehingga mempengaruhi motivasi dan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran yangmana mengalami penurunan. Setelah melakukan tanya jawab kepada guru mengenai materi IPA SMP, salah satu tema yang dapat dikembangkan adalah tema cahaya. Maka, penulis memutuskan untuk mengembangkan bahan ajar untuk mendukung kegiatan pembelajaran online seperti e-modul berbasis flipbook. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan, efektifitas, dan kepraktisan e-modul IPA berbasis flipbook sebagai bahan ajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada tema cahaya dan manfaatnya bagi kehidupan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan skala Likert dengan interval tertentu sebagai teknik analisis data. Untuk mengetahui uji kelayakan data, penulis menggunakan lembar validasi yang telah divalidasi oleh ahli e-modul dan ahli materi dan hasilnya menunjukan kategori layak. Kemudian, uji efektivitas menggunakan angket motivasi yang mana diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Selanjutnya, tes normalitas dan tes T dilakukan untuk mendapatkan signifikansi data. Hasil dari uji efektivitas berdasarkan N-Gain bahwa dalam kategori efektif untuk meningkatkan motivasi siswa. Tingkat kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa dan guru yang mendapatkan nilai rata-rata dengan kategori sangat baik sehingga emodul dikatakan praktis digunakan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa e-modul dapat dikategorikan layak, efektif, dan praktis digunakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul berbasis flipbook untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mencapai tujuan yang diharapkan. Produk pengembangan pada penelitian ini diharapkan dapat membantu guru sebagai rujukan dalam mengembangkan bahan ajar yang menarik bagi siswa untuk meningkatkan motivasi belajar ketika pembelajaran daring.
Kata Kunci: E-Modul, Flipbook, Bahan Ajar, Cahaya
17-UN57.U1-SI-VIII-2021 | IPA AWW P 2021 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain