Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU BERBASIS PEMBELAJARAN RIAS PADA TEMA GLOBAL WARMING DAN DAMPAKNYA PADA EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA
ABSTRAK
Pendidikan Indonesia saat ini menggunakan kurikulum 2013 sebagai landasan pembelajaran. Maka dari itu, perlu adanya implementasi keterampilan abad 21 seperti ketampilan kreativitas. Keterampilan kreativitas merupakan kemampuan berpikir kritis, mempunyai banyak ide dan mampu menggabungkan suatu gagasan yang belum pernah tercipta serta kemampuan untuk menemukan ide untuk memecahkan permasalahan. Proses pembelajaran memuat berbagai macam strategi, metode, pendekatan pembelajaran yang bertujuan untuk mempermudah proses pembelajaran dalam menyampaikan materi untuk mendorong gagasan dan kemampuan siswa dalam memahami permasalahan dalam materi pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di MTs NU Al-Hidayah diperoleh data tentang rendahnya kreativitas siswa disebabkan pembelajaran yang masih sangat terpusat oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu untuk mengetahui kelayakan, efektivitas dan respon guru dan siswa terhadap bahan ajar berbasis pembelajaran RIAS. Pengembangan Bahan ajar IPA Terpadu berbasis pembelajaran RIAS dengan tema globalisasi dan dampaknya pada ekosistem bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran di kelas. Penilaian kelayakan (validitas) dilakukan oleh 2 ahli bahan ajar dan ahli materi yang hasilnya dianalisis menggunakan skala likert. Uji coba pengembangan bahan ajar dilakukan kepada 20 siswa yang diambil menggunakan desain cluster sampling dengan metode pretest dan posttest. Hasil uji kepraktisan berdasarkan kuisoner respon dari 10 siswa dan 2 guru MTs NU Al-Hidayah yang kemudian dianalisi menggunakan skala likert. Hasil uji kelayakan yang diperoleh dari kuisoneer ahli bahan ajar dan ahli materi menunjukan kriteria layak dengan presentase 80,1% dari ahli bahan ajar dan ahli materi sebesar 73,6%. keterampilan kreativitas siswa dapat dilihat dari hasil analisis pretest dan posttest yag diperoleh dari hasil uji T dan Ngain dengan nilai signifikasi t hitung -11,87 dan t table -1,68 Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahan ajar IPA Terpadu berbasis pembelajaran RIAS berpengaruh terhadapt peningkatan kreativitas siswa secara signifikan. Sedangkan hasil perhitungan N-Gain diperoleh skor rata-rata gain adalah 0,42 dengan kategori peningkatan sedang. Pengggunaan kalimat yang interaktif dapat memudahkan siswa dalam memahami pelajaran, sehingga dapat mengintegrasikan langkah kreativitas siswa yang ada didalam bahan ajar IPA terpadu berbasis pembelajaran RIAS pada siswa kelas VII MTs NU Al-Hidayah. Selain itu, pengembangan bahan ajar IPA Terpadu berbasis RIAS memberikan respon yang positif dari pihak guru IPA dan siswa.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Kreativitas, RIAS
20-UN57.U1-SI-X-2021 | IPA DEW P 2021 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain