PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU BERBASIS PEMBELAJARAN RIAS PADA TEMA GLOBAL WARMING DAN DAMPAKNYA PADA EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA

DIAH ROSITA DEWI - Nama Orang;

ABSTRAK
Pendidikan Indonesia saat ini menggunakan kurikulum 2013 sebagai landasan pembelajaran. Maka dari itu, perlu adanya implementasi keterampilan abad 21 seperti ketampilan kreativitas. Keterampilan kreativitas merupakan kemampuan berpikir kritis, mempunyai banyak ide dan mampu menggabungkan suatu gagasan yang belum pernah tercipta serta kemampuan untuk menemukan ide untuk memecahkan permasalahan. Proses pembelajaran memuat berbagai macam strategi, metode, pendekatan pembelajaran yang bertujuan untuk mempermudah proses pembelajaran dalam menyampaikan materi untuk mendorong gagasan dan kemampuan siswa dalam memahami permasalahan dalam materi pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di MTs NU Al-Hidayah diperoleh data tentang rendahnya kreativitas siswa disebabkan pembelajaran yang masih sangat terpusat oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu untuk mengetahui kelayakan, efektivitas dan respon guru dan siswa terhadap bahan ajar berbasis pembelajaran RIAS. Pengembangan Bahan ajar IPA Terpadu berbasis pembelajaran RIAS dengan tema globalisasi dan dampaknya pada ekosistem bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran di kelas. Penilaian kelayakan (validitas) dilakukan oleh 2 ahli bahan ajar dan ahli materi yang hasilnya dianalisis menggunakan skala likert. Uji coba pengembangan bahan ajar dilakukan kepada 20 siswa yang diambil menggunakan desain cluster sampling dengan metode pretest dan posttest. Hasil uji kepraktisan berdasarkan kuisoner respon dari 10 siswa dan 2 guru MTs NU Al-Hidayah yang kemudian dianalisi menggunakan skala likert. Hasil uji kelayakan yang diperoleh dari kuisoneer ahli bahan ajar dan ahli materi menunjukan kriteria layak dengan presentase 80,1% dari ahli bahan ajar dan ahli materi sebesar 73,6%. keterampilan kreativitas siswa dapat dilihat dari hasil analisis pretest dan posttest yag diperoleh dari hasil uji T dan Ngain dengan nilai signifikasi t hitung -11,87 dan t table -1,68 Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahan ajar IPA Terpadu berbasis pembelajaran RIAS berpengaruh terhadapt peningkatan kreativitas siswa secara signifikan. Sedangkan hasil perhitungan N-Gain diperoleh skor rata-rata gain adalah 0,42 dengan kategori peningkatan sedang. Pengggunaan kalimat yang interaktif dapat memudahkan siswa dalam memahami pelajaran, sehingga dapat mengintegrasikan langkah kreativitas siswa yang ada didalam bahan ajar IPA terpadu berbasis pembelajaran RIAS pada siswa kelas VII MTs NU Al-Hidayah. Selain itu, pengembangan bahan ajar IPA Terpadu berbasis RIAS memberikan respon yang positif dari pihak guru IPA dan siswa.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Kreativitas, RIAS


Ketersediaan
20-UN57.U1-SI-X-2021IPA DEW P 2021Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA DEW P 2021
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2021
Deskripsi Fisik
IX;72HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III, BAB V
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik