Text
SKRIPSI STRATEGI KAMPANYE PUBLIC RELATIONS DALAM PENANGANAN COVID-19 MELALUI SATGAS “JOGO TONGGO” KOTA MAGELANG
ABSTRAK
(Tri Marlina, 2021): STRATEGI KAMPANYE PUBLIC RELATIONS DALAM PENANGANAN COVID-19 MELALUI SATGAS “JOGO TONGGO” KOTA MAGELANG
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar.
Semenjak tahun 2020 sampai dengan tahun 2021 ini Indonesia sedang mengalami wabah pandemi COVID-19. Hal tersebut membuat Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan dengan membentuk satuan tugas Penanganan dan Pencegahan COVID-19. Penanganan tersebut kemudian diturunkan dengan memberikan kebijakan kepada Pemerintah Provinsi masing-masing. Sehingga Pemerinta Provinsi Jawa Tengah mengeluarkan Instruksi Gubernur Jawa Tengah Tahun 2020 Tentang Pemberdayaan Masyarakat dalam Percepatan Penanganan COVID-19 di Tingkat Rukun Warga Melalui pembentukan “Satgas Jogo Tonggo”. Instruksi Gubernur tersebut dikeluarkan sebagai kebijakan untuk melakukan percepatan penanganan dan pencegahan COVID-19. Kebijakan tersebut kemudian dibentuklah kembali Satgas Jogo Tonggo di tingkat Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Tengah. Hal tersebut juga dilakukan di Kota Magelang. Semenjak adanya pandemic COVID-19 Kota Mgelang berhasil menjadi kota dengan zona hijau terbanyak di Jawa Tengah pada bulan Februari 2021. Hal terjadi karena adanya kemaksimalan kinerja Jogo Tonggo di masingmasing wilayah di Kota Magelang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kampanye public relations yang dilakukan oleh Jogo Tonggo dalam melaksanakan Penanganan dan Pencegahan COVID-19 di Kota Magelang. Proses penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode penelitian ini dipilih supaya penulis dapat mendapatkan hasil penelitian lebih mendalam mengenai kampanye dalam penangan dan pencegahan COVID-19 di Kota Magelang yang dilakukan oleh Jogo Tonggo. Adapun hasil penelitiannya adalah Jogo Tonggo Kota Magelang dalam melaksanakan kampanye penangan dan pencegahan COVID-19 menggunakan ideological cause champaign dan terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanannya. Meskipun demikian kampanye yang dilakukan sudah menunjukan keberhasilan yang ditunjukan dengan banyaknya warga yang sudah melaksanakan program dan timbul rasa empati terhadap sesame warga di wilayahnya.
Kata Kunci: Jogo Tonggo Kota Magelang, Kampanye Public Relations, Kampanye Ideological.
3-UN57.U1-SIK-X-2021 | KOMUNIKASI MAR S 2021 | Ruang Skripsi (ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain