Text
SKRIPSI ANALISIS CAPAIAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA TEKS ILMIAH BERKONTEN IPA PADA SISWA SMP: STUDI PADA SEKOLAH DI KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Sari, Kurnia Intan. 2021. Analisis Capaian Kemampuan Pemahaman Membaca Teks Ilmiah Berkonten IPA pada Siswa SMP: Studi pada Sekolah di Kota Magelang. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Siswanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: kemampuan pemahaman membaca, literal, inferensial, kritis.
Membaca merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan untuk setiap individu. Membaca dapat membantu manusia untuk menemukan informasi dan memperluas pengetahuannya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat penguasaan kemampuan pemahaman membaca siswa SMP di Kota Magelang yang belum terpetakan. Hal ini disebaban karena guru kurang memperhatikan kemampuan pemahaman membaca siswa. Penelitian ini membahas mengenai kemampuan pemahaman membaca siswa berdasarkan tingkat pemahaman membaca. Tingkat pemahaman membaca tersebut antara lain pemahaman tingkat literal, pemahaman tingkat inferensial, pemahaman tingkat kritis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bagaimanakah capaian kemampuan pemahaman membaca teks ilmiah berkonten IPA pada siswa SMP di Kota Magelang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis capaian kemampuan pemahaman membaca teks ilmiah berkonten IPA pada siswa SMP di Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan metode pendekatan survei. Penelitian dilaksanakan pada empat SMP di Kota Magelang. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP di Kota Magelang sejumlah 95 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sample random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif, dan uji one sample t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman membaca siswa SMP di Kota Magelang dalam kriteria cukup, dengan skor rata-rata sebesar 65. Pada pemahaman tingkat literal mendapatkan skor rata-rata 71 dalam kriteria cukup, pemahaman tingkat inferensial mendapatkan skor rata-rata 65 dalam kriteria cukup, dan pemahaman tingkat kritis mendapatkan skor rata-rata 58 dalam kriteria cukup. Fakot yang mempengaruhi kemampuan pemahaman membaca siswa SMP di Kota Magelang diantaranya yaitu faktor lingkungan dan faktor psikologis. Simpulan dari penelitian ini adalah kemampuan pemahaman membaca siswa di Kota Magelang masuk dalam kriteria cukup. Saran dari peneliti adalah siswa hendaknya banyak berlatih dan menerapkan kebiasaan membaca khususnya pemahaman membaca. Guru hendaknya memberikan motivasi dan bimbingan yang teratur kepada siswa. Guru juga perlu merencanakan kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang peningkatan keterampilan membaca siswa. Sekolah hendaknya melengkapi fasilitas dan koleksi buku di perpustakaan sehingga siswa termotivasi dan terbiasa dengan kegiatan membaca.
21-UN57.U1-SI-X-2021 | IPA SAR A 2021 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain