Text
SKRIPSI ANALISIS PELAYANAN APLIKASI MATUR-BUP (Media Aspirasi dan Tanya Jawab untuk Rakyat) DALAM MERESPON ADUAN MASYARAKAT DI KABUPATEN PURBALINGGA
ABSTRAK
ANALISIS PELAYANAN APLIKASI MATUR-BUP (Media Aspirasi dan Tanya Jawab untuk Rakyat) DALAM MERESPON ADUAN MASYARAKAT DI KABUPATEN PURBALINGGA
Monik Yuliana Dwi Lestari (2021) Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar
Akses dan penggunaan TIK di dunia terus mengalami peningkatan sesuai dengan pembangunan infrastruktur penunjang TIK. Berbagai macam tipe aplikasi yang bertujuan mensejahterakan masyarakat serta untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan yang diberikan oleh pemerintah. Di Kabupatan Purbalingga diluncurkan Aplikasi Matur-Bup pada tahun 2018 sebagai wadah masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan tanya jawab berkaitan dengan pemerintahan. Namun dalam pelaksanaannya pelayanan publik tidak selalui berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat, fenomena yang sering terjadi yaitu waktu yang berbelit-belit, prosedur pelayanan yang kurang dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelayanan aplikasi Matur- Bup (Media Aspirasi dan Tanya Jawab untuk Rakyat) dalam Merespon Aduan Masyarakat di Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori Menurut Commonwealth Ombudsman dalam Better Practive Guide to Complain Handling (2009:9-16), terdapat lima prinsip fundamental yang harus terpenuhi dalam mekanisme pelayanan publik komplain, yaitu fairness (keadilan), aksesbilitas, responsivitas, efisiensi dan penanganan. Melalui teori tersebut dapat diketahui aplikasi Matur-Bup memudahkan masyarakat dalam mengadukan permasalahan terkait dengan kegiatan pembangunan dan pelayanan publik yang diberikan oleh Perangkat Daerah di Kabupaten Purbalingga. Memberikan akses untuk partisipasi masyarakat dalam pengawasan kinerja pemerintah. Namun dalam pelaksanaannya, pelayanan aplikasi Matur-Bup dalam merespon aduan masyarakat di Kabupaten Purbalingga masih terdapat hambatan, antara lain: sosialisasi melalui melalui Media Sosial hanya dilakukan pada saat peluncuran aplikasi, respon aduan yang lambat karena kurangnya BIMTEK bagi tim yang terlibat dalam penanganan aduan. Tidak ada evaluasi secara bersama dengan tim penanganan aduan.
Kata Kunci: TIK, Pelayanan Publik, Matur-Bup (Media Aspirasi dan Tanya Jawab untuk Rakyat).
67-UN57.U1-SSP-XI-2021 | FISIPOL LES A 2021 | Ruang Skripsi (FISIPOL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain