Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SKEMA DARING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP
ABSTRAK
Yuliantina, Elma. 2021. “Pengaruh Model Ppembelajaran Proyek Pada Skema Daring Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP”. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawarti, M.Sc. dan Pembimbing II Siswanto, M.Pd.
Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Daring, Literasi Sains
Literasi sains memiliki peran penting bagi siswa untuk memahami masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang bergantung pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Toharudin, 2013). Hasil PISA tahun 2018 kemampuan literasi sains anak Indonesia berada di peringkat ke-70 dari 78 negara peserta. Faktor rendahnya kemampuan literasi sains di Indonesia adalah model pembelajaran yang diterapkan oleh guru serta bahan ajar yang digunakan oleh siswa (Kurnia et al, 2014). Penelitian Lisna (2016) menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis proyek pada skema daring terhadap kemampuan literasi sains siswa SMP (2) menganalisis respon siswa terhadap model pembelajaran berbasis proyek dalam skema daring dan (3) menganalisis keterlaksanaan proses pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis proyek dalam skema daring. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen yang menggunakan rancangan nonequivalent control grup. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Muntilan dengan sampel kelas VIII E (kelas eksperimen) dan kelas VIII F (kelas control). Pengambilan sampel tersebut menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes literasi sains, angket respon siswa, dan lembar observasi. Hasil perhitungan nilai N-gain literasi kelas eksperimen diperoleh nilai 0,45 dan 0,36 untuk kelas kontrol. Hasil uji-t diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,29 dengan effect size sebesar 0,58 dengan kategori sedang. Hasil perhitungan angket respon siswa diperoleh presentase sebesar 73,03% dengan kategori baik. Hasil perhitungan lembar observasi diperoleh presentase sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran berbasis proyek dengan kemampuan literasi sains siswa SMP, dengan ukuran dampak sedang, (b) respon siswa terhadap model pembelajaran berbasis proyek dalam skema daring tergolong baik dan (c) keterlaksanaan proses pembelajaran berbasis proyek dalam skema daring tergolong sangat baik.
24-UN57.U1-SI-XI-2021 | IPA ROM P 2021 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain