Text
SKRIPSI ANALISIS PENINGKATAN CAPAIAN HASIL BELAJAR IPA DAN RESPON PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING
Abstrak
Solikhah, Putri. 2021. “Analisis Peningkatan Capaian Hasil Belajar IPA dan Respon Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring”. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, M.Pd. dan Pembimbing II Eli Trisnowati, M.Pd.
Kata kunci: Pembelajaran Daring, Hasil Belajar, Respon Peserta didik
Perkembangan penyebaran virus covid – 19 yang tak kunjung usai berdampak pada berbagai aspek kehidupan salah satunya pendidikan. Oleh karena itu, Indonesia dituntut agar dapat memanfaatkan media digital dalam penyelenggaraan pendidikan. Salah satu cara langkah pemerintah untuk menghadapi hal tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran daring bagi setiap jenjang pendidikan. Pada penerapan pembelajaran daring sangat diperlukan adanya pendampingan belajar oleh guru dalam proses kegiatan belajar, hal ini dimaksudkan untuk memberikan bimbingan kepada peserta didik agar terhindar dari kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan capaian hasil belajar IPA dalam pembelajaran daring didukung dengan pendampingan belajar dan (2) mengetahui respon peserta didik dalam pembelajaran daring yang didukung dengan pendampingan belajar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen yang menggunakan rancangan nonequivalent control grup. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Muntilan dengan sampel kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel tersebut menggunakan teknik purposive sampling. Adapun tujuan dari pengambilan kelas tersebut dikarenakan memiliki tingkat pemahaman dan respon belajar yang hampir sama terhadap pembelajaran IPA. instrumen yang digunakan yang digunakan yaitu instrumen perangkat pembelajaran dan instrumen peneliaian. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar IPA dan angket respon peserta didik. Teknik analisis yang dilakukan yaitu pengujian instrumen menggunakan uji validitas ahli dengan Aiken –V dan analisis data menggunakan uji t, N – gain serta persentase angket respon. Hasil perhitungan nilai N – gain hasil belajar kelas eksperimen diperoleh nilai 70% dengan kategori cukup efektif dan 50% untuk kelas kontrol dengan kategori kurang efektif. Hasil perhitungan angket respon peserta didik diperoleh indikator yang paling mencolok terlihat pada ketertarikan dengan perolehan 88% pada kelas eksperimen dengan kategori sangat baik. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah (1) terdapat peningkatan capaian hasil belajar IPA dan (b) respon peserta didik dalam pembelajaran daring tergolong sangat baik khususnya pada indikator ketertarikan. Hal tersebut karena kelas eksperimen dalam pembelajaran daring didukung dengan adanya pendampingan belajar oleh guru.
23-UN57.U1-SI-XI-2021 | IPA SOL A 2021 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain