PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI ANALISIS PENINGKATAN CAPAIAN HASIL BELAJAR IPA DAN RESPON PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING

PUTRI SOLIKHAH - Nama Orang;

Abstrak
Solikhah, Putri. 2021. “Analisis Peningkatan Capaian Hasil Belajar IPA dan Respon Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring”. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, M.Pd. dan Pembimbing II Eli Trisnowati, M.Pd.
Kata kunci: Pembelajaran Daring, Hasil Belajar, Respon Peserta didik
Perkembangan penyebaran virus covid – 19 yang tak kunjung usai berdampak pada berbagai aspek kehidupan salah satunya pendidikan. Oleh karena itu, Indonesia dituntut agar dapat memanfaatkan media digital dalam penyelenggaraan pendidikan. Salah satu cara langkah pemerintah untuk menghadapi hal tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran daring bagi setiap jenjang pendidikan. Pada penerapan pembelajaran daring sangat diperlukan adanya pendampingan belajar oleh guru dalam proses kegiatan belajar, hal ini dimaksudkan untuk memberikan bimbingan kepada peserta didik agar terhindar dari kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan capaian hasil belajar IPA dalam pembelajaran daring didukung dengan pendampingan belajar dan (2) mengetahui respon peserta didik dalam pembelajaran daring yang didukung dengan pendampingan belajar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen yang menggunakan rancangan nonequivalent control grup. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Muntilan dengan sampel kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel tersebut menggunakan teknik purposive sampling. Adapun tujuan dari pengambilan kelas tersebut dikarenakan memiliki tingkat pemahaman dan respon belajar yang hampir sama terhadap pembelajaran IPA. instrumen yang digunakan yang digunakan yaitu instrumen perangkat pembelajaran dan instrumen peneliaian. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar IPA dan angket respon peserta didik. Teknik analisis yang dilakukan yaitu pengujian instrumen menggunakan uji validitas ahli dengan Aiken –V dan analisis data menggunakan uji t, N – gain serta persentase angket respon. Hasil perhitungan nilai N – gain hasil belajar kelas eksperimen diperoleh nilai 70% dengan kategori cukup efektif dan 50% untuk kelas kontrol dengan kategori kurang efektif. Hasil perhitungan angket respon peserta didik diperoleh indikator yang paling mencolok terlihat pada ketertarikan dengan perolehan 88% pada kelas eksperimen dengan kategori sangat baik. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah (1) terdapat peningkatan capaian hasil belajar IPA dan (b) respon peserta didik dalam pembelajaran daring tergolong sangat baik khususnya pada indikator ketertarikan. Hal tersebut karena kelas eksperimen dalam pembelajaran daring didukung dengan adanya pendampingan belajar oleh guru.


Ketersediaan
23-UN57.U1-SI-XI-2021IPA SOL A 2021Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA SOL A 2021
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2021
Deskripsi Fisik
XV;50HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik