Text
SKRIPSI KAJIAN PERBANDINGAN KELAYAKAN EKONOMI PADA PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR DAN PERKERASAN KAKU (Studi Kasus : Jalan Magelang-Purworejo Km 31 s.d Km 36)
INTISARI
Jalan Magelang-Purworejo merupakan jalan lintas yang menghubungkan Kabupaten Magelang dengan Kabupaten Purworejo di Provinsi Jawa Tengah. Di ruas jalan ini termasuk jalan dengan volume lalu ilintas yang tinggi dan dilalui oleh kendaraan berat. Kondisi eksisting jalan yang mengalami banyak kerusakan yang disebabkan oleh beban berlebih dari kendaraan. Sehingga perlu adanya penelitian mengenai perencanaan tebal perkerasan yang dibutuhkan dan sesuai dengan kondisi di ruas jalan tersebut untuk meminimalisir kerusakan dan memberikan pelayanan jalan yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan merencanakan tebal perkerasan lentur dan tebal perkerasan kaku dengan mengacu pada Bina Marga Tahun 2017. Data primer yang dibutuhkan dalam penelitian ini yaitu data lalu lintas harian dan data CBR untuk mengetahui daya dukung tanah pada ruas jalan tersebut. Sedangkan untuk menghitung perbandingan kelayakan ekonomi menggunakan metode Internal Rate of Return (IRR). Berdasarkan penelitian diperoleh nilai Internal Rateiof Return (IRR) sebesar 12,7 % sedangkan untuk perkerasan kaku 18,5 %. Keduanya memenuhi kelayakan ekonomi karena memiliki nilai yang melebihi tingkat suku bunga pada tahun ini yaitu sebesar 3,5%. Perkerasan kaku memiliki nilai IRR lebih tinggi dibandingkan dengan perkerasan lentur, sehingga jenis perkerasan kaku lebih sesuai untuk diterapkan.
Kata Kunci : Perkerasan Lentur, Perkerasan Kaku, Kelayakan Ekonomi, Internal Rate of Return (IRR)
48-UN57.U1-STS-XI-2021 | SIPIL MAG K 2021 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain