Text
SKRIPSI EVALUASI DAN PERENCANAAN JEMBATAN GANTUNG (STUDI KASUS: NGEMBIK, KRAMAT UTARA, KOTA MAGELANG)
INTISARI
Jembatan gantung di atas Kali Progo yang menghubungkan antara Ngembik, Kota Magelang, dan Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah merupakan jembatan yang sudah lapuk dengan kawat seling baja berkarat dan berlantai dari papan berupa kayu tua dan rusak. Pembangunan jembatan gantung di Ngembik membutuhkan data penampang sungai, DAS Progo, curah hujan wilayah, data tanah. Perencanaan yang dilakukan pada jembatan gantung ini didasarkan pada referensi Perencanaan dan Pelaksanaan Konstruksi Jembatan Gantung (2010) kemudian dianalisis oleh SAP 2000 v.20. Hasil analisis didapatkan panjang bentang jembatan adalah 76 meter, lebar jembatan 1,8 meter, ketinggian menara 10 meter. Lantai kendaraan menggunakan plat bordes 2,8 mm. Gelagar memanjang menggunakan UNP 180.75.7, gelagar melintang menggunakan INP (220.98.8,1.12,2). Kabel utama menggunakan sling baja Ø60 (fy = 1500 Mpa), dan kabel penggantung menggunakan plat strip 5 mm x 30 mm x 6 mm. Menara menggunakan profil baja IWF 400.200.8.13, batang horisontal dan batang diagonal menggunakan profil UNP 200.75.7,5 dan lendutan sebesar 0,041 m. Rencana anggaran biaya pembangunan jembatan gantung di Ngembik sebesar Rp.2.392.114.000,00.
Kata kunci: Jembatan gantung, Perencanaan jembatan, SAP 2000
45-UN57.U1-STS-XI-2021 | SIPIL FIG E 2021 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain