Text
SKRIPSI PENGARUH PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN COMPUTATIONAL THINKING BERBANTUAN SCRATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
ABSTRAK
Dewi, Arina Novia. 2021. “Pengaruh Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Computational Thinking Berbantuan Scratch Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang penting dikuasai oleh peserta didik untuk memecahkan masalah. Pentingnya kemampuan pemecahan masalah bertolak belakang dengan kondisi yang ada. Salah satu pembelajaran yang mampu melatihkan kemampuan pemecahan masalah adalah pembelajaran IPA dengan pendekatan computational thinking berbantuan scratch, dimana peserta didik dilatih berpikir secara komputasi. Tujuan penelitian adalah (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh serta ukuran pengaruh dan (2) besar peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui pembelajaran IPA dengan pendekatan computational thinking berbantuan scratch. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimental tipe non-equivalent control group design, populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling, yang terdiri dari satu kelas eksperimen yaitu kelas VIII B dan satu kelas kontrol yaitu kelas VIIIC. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk essay yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji beda terdiri dari uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney, Uji N-Gain, uji regresi linear sederhana dengan metode Theil dan uji effect size. Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil pretest postest dalam uji Wilcoxon terdapat perbedaan. Hasil uji Mann Whitney pada nilai postest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan signifikan. Pada hasil uji N-Gain kelas eksperimen 0,7001 kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol 0,5503 dengan kategori sedang. Hasil uji Theil yang didasarkan dengan pengujian hipotesis parameter menggunakan statistik Tau Kendall adalah 0,325 > 0,218 artinya adanya pengaruh serta hasil uji effect size adalah 0,92903 dengan kriteria ukuran pengaruh yang besar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut (1) terdapat pengaruh dengan ukuran yang besar pembelajaran IPA dengan pendekatan computational thinking berbantuan scratch terhadap kemampuan pemecahan masalah dan (2) terdapat peningkatan hasil kemampuan pemecahan masalah dengan kategori tinggi oleh pembelajaran IPA dengan pendekatan computational thinking berbantuan scratch.
Kata Kunci: computational thinking, scratch, kemampuan pemecahan masalah.
25-UN57.U1-SI-XI-2021 | IPA DEW P 2021 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain