Text
SKRIPSI ANALISIS PERFORMA SEPEDA MOTOR TRAIL 150 CC DENGAN MENGGUNAKAN ELECTRONIC CONTROL UNIT (ECU) STANDAR DAN ELECTRONIC CONTROL UNIT (ECU) STANDAR REMAPPING
ABSTRAK
Sistem injeksi atau yang juga dikenal dengan fuel injection merupakan teknologi kontrol yang dapat secara cepat, akurat, proporsional dan optimal mengatur campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar. Sistem injeksi ini diatur oleh Electronic Control Unit (ECU). ECU berfungsi untuk mengatur operasi pada Internal Combustion Engine (ICE). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase perbandingan daya torsi dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan oleh sepeda motor trail 150 cc dengan menggunakan Electronic Control Unit (ECU) standar dan Electronic Control Unit (ECU) standar remapping. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu metode untuk mencari hubungan sebab akibat antara kedua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti. Pada penelitian ini perlakuan yang dilakukan berupa pengunaan ECU standar dan ECU standar remapping pada sepeda motor trail 150 cc. Pengujian daya, torsi dan konsumsi bahan bakar dilakukan dengan menggunakan alat dynotest dan tangka bahan bakar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan daya dan torsi, saat menggunakan ECU standar memperoleh daya maksimum 12,7 hp menjadi 14,2 hp saat menggunakan ECU standar remapping, untuk torsi maksimum saat menggunakan ECU standar mendapatkan 12,37 Nm menjadi 12,52 Nm saat menggunakan ECU standar remapping, untuk pengujian konsumsi bahan bakar diperoleh bahwa semakin tinggi putaran mesin maka semakin tinggi juga konsumsi yang digunakan untuk persentase perbandingan ECU standar dengan ECU standar remapping konsumsi pada ECU standar remapping lebih tinggi.
Kata Kunci:ECU, ECU remapping, daya, torsi.
43-UN57.U1-STM-XII-2021 | MESIN MAJ A 2021 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain