Text
SKRIPSI KUALITAS PELAYANAN PUBLIK MENGGUNAKAN APLIKASI TEMANGGUNG GANDEM POL DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TEMANGGUNG
ABSTRAK
KUALITAS PELAYANAN PUBLIK MENGGUNAKAN APLIKASI TEMANGGUNG GANDEM POL DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TEMANGGUNG
Oleh Arni Nazira NPM 1710201069 Email: Arnynazira99@gmail.com
Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kualitas pelayanan publik menggunakan aplikasi “Temanggung Gandem Pol” di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sedangkan untuk teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan publik menggunakan aplikasi “Temanggung Gandem Pol” adalah kurang. Dilihat dari indikator kualitas pelayanan publik oleh Sinambela yaitu transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak, juga keseimbangan hak dan kewajiban, bahwa terdapat indikator yang tidak terpenuhi yaitu indikator tranparansi dan indikator kondisional. Untuk transparansi pelayanan dengan sistem online ini belum mampu memberikan kejelasan informasi bagi masyarakat karena kurangnya sosialisasi dan keseiapan masyarakat, kemudian dilihat dari indikator kondisional bahwa prinsip efektivitas, efisiensi pada dimensi kondisional belum sesuai harapan masyarakat karena pelayanan dengan aplikasi TGP membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding dengan cara konvensional. Faktor yang mendukung dan menghambat pelayanan ini adalah faktor organisasi, faktor aparatur, dan faktor sistem pelayanan.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Temanggung Gandem Pol, Transparansi
75-UN57.U1-SSP-XI-2021 | FISIPOL NAZ K 2021 | Ruang Skripsi (FISIPOL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain