Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS BAHAN AJAR MULTIREPRESENTASI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH
ABSTRAK
Azizah, Nur. 2021. “Efektivitas Bahan Ajar Multirepresentasi Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, M.Pd.
Kata Kunci : Bahan Ajar Multirepresentasi, Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Pemecahan Masalah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bahan ajar multirepresentasi untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental design yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bentuk yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian dengan menggunakan purposive random sampling. Intrumen yang digunakan dalam bentuk tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar multirepresentasi berbasis inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. hal ini dapat dilihat dari uji-T independent sample testmenunjukkan t hitung > t tabel yaitu 0,001 > 0,005 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukan bahwa adanya perbedaan efektivitas pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sebelumnya data yang dihasilkan akan dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji gain normalitas dan gain homogenitas. Kemudian untuk perhitungan effect size diperoleh hasil 0,918 yang menunjukkan kategori tinggi. Penggunaan bahan ajar multirepresentasi berbasis inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Hal ini disebakan bahan ajar multirepresentasi berbasis inkuiri terbimbing mampu memberikan dorongan peserta didik dalam membangun minat dan motivasi dan memudahan peserta didik dalam memahami konsep atau materi. Selain itu bahan ajar dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan masalah. pada penelitian selanjutnya dapat dilaksanakan secara langsung atau tatap muka dan dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan yang berbeda.
26-UN57.U1-SI-XII-2021 | IPA AZI E 2021 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain