Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMP NEGERI 2 KEMANGKON
ABSTRAK
Zahrah, Rofiqoh Aulia. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Problem Based Learning (PBL) Materi Pencemaran Lingkungan terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa di SMP Negeri 2 Kemangkon”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Ahmad Muhlisin, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif
Penelitian ini di latar belakangi belum adanya metode pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa di SMP Negeri 2 Kemangkon pada materi pencemaran lingkungan. Proses pembelajaran yang diterapkan di SMP Negeri 2 Kemangkon belum terdapat metode yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran daring menggunakan Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kemangkon pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan quasi experimental dengan control group pretest dan posttest. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Treatment yang digunakan dalam penelitian ini adalah Problem Based Learning (PBL). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest dan Posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini dilihat dari uji-T keterampilan berpikir kritis siswa yang telah dilakukan, diperoleh thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Untuk perhitungan effect size diperoleh hasil 4,3235 yang menunjukkan kategori tinggi. Sedangkan untuk Berdasarkan uji-T hasil belajar kognitif siswa yang telah dilakukan, diperoleh thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Untuk perhitungan effect size diperoleh hasil 1,7401 yang menunjukkan kategori tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran daring menggunakan Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa pada materi pencemaran lingkungan dengan tingkat keefektifan 4,3235 dalam kategori tinggi dan 1,7401 dalam kategori tinggi dihitung dengan menggunakan uji effect size. Saran dari penelitian ini adalah sebaiknya dalam pembelajaran daring guru tidak hanya menggunakan metode pembelajaran konvensional, tetapi dapat menggunakan metode pembelajaran yang menarik bagi siswa.
27-UN57.U1-SI-XII-2021 | IPA ZAH E 2021 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain