PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMP NEGERI 2 KEMANGKON

ROFIQOH AULIA ZAHRAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Zahrah, Rofiqoh Aulia. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Problem Based Learning (PBL) Materi Pencemaran Lingkungan terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa di SMP Negeri 2 Kemangkon”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Ahmad Muhlisin, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif
Penelitian ini di latar belakangi belum adanya metode pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa di SMP Negeri 2 Kemangkon pada materi pencemaran lingkungan. Proses pembelajaran yang diterapkan di SMP Negeri 2 Kemangkon belum terdapat metode yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran daring menggunakan Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kemangkon pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan quasi experimental dengan control group pretest dan posttest. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Treatment yang digunakan dalam penelitian ini adalah Problem Based Learning (PBL). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest dan Posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini dilihat dari uji-T keterampilan berpikir kritis siswa yang telah dilakukan, diperoleh thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Untuk perhitungan effect size diperoleh hasil 4,3235 yang menunjukkan kategori tinggi. Sedangkan untuk Berdasarkan uji-T hasil belajar kognitif siswa yang telah dilakukan, diperoleh thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Untuk perhitungan effect size diperoleh hasil 1,7401 yang menunjukkan kategori tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran daring menggunakan Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa pada materi pencemaran lingkungan dengan tingkat keefektifan 4,3235 dalam kategori tinggi dan 1,7401 dalam kategori tinggi dihitung dengan menggunakan uji effect size. Saran dari penelitian ini adalah sebaiknya dalam pembelajaran daring guru tidak hanya menggunakan metode pembelajaran konvensional, tetapi dapat menggunakan metode pembelajaran yang menarik bagi siswa.


Ketersediaan
27-UN57.U1-SI-XII-2021IPA ZAH E 2021Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA ZAH E 2021
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2021
Deskripsi Fisik
XV;65HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik